Menperin Ungkap Potensi Penggunaan Produk Lokal dalam Kompetisi Olahraga

Minggu 25-08-2024,21:17 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan apresiasi kepada Forum Wartawan Industri (Forwin) yang sukses menggelar turnamen mini soccer, dengan tujuan untuk memperkuat jaringan dan kemitraan dengan stakeholders, yang terdiri dari pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sendiri, asosiasi dan pelaku industri, serta forum wartawan lainnya.

Dalam keterangannya, Menperin Agus mengungkapkan bahwa dirinya berharap turnamen-turnamen semacam ini dapat terus dilaksanakan secara rutin. 

BACA JUGA:Penggunaan Produk Dalam Negeri di Kompetisi Olahraga, Kemenperin: Dongkrak Usaha Lokal

BACA JUGA:Kemenperin Sebut Penerapan SNI Emas Akan Jamin Kualitas dan Memacu Daya Saing

Bukan tanpa alasan, aktivitas pertandingan atau turnamen olahraga seperi ini nyatanya juga turut menjadi pendorong dalam penggunaan produk dalam negeri.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini, terlebih lagi telah mengusung tema Industri Unggul, Indonesia Maju. Tema ini memiliki makna yang mendalam. Pasalnya, menggiatkan kegiatan olahraga juga sejalan dengan upaya memajukan industri nasional," ujar Menperin Agus dalam keterangan resminya pada Sabtu 24 Agustus 2024.

Selain itu, ia menambahkan, peluang perluasan pasar juga bisa dicapai oleh para pelaku industri alat olahraga. 

BACA JUGA:Kinerja Industri Tekstil Merosot, Kemenperin: Permintaan Menurun dan Tidak Ada Payung Hukum yang Jelas

BACA JUGA:Strategi Kemenperin Cegah Impor Ilegal Banjiri Pasar, Singgung Reformasi Birokrasi di Semua Unit-Unitnya

Sebagai contoh, industri dalam negeri kini sudah mampu memproduksi dan mengekspor shuttlecock, bola sepak, bola voli, meja tenis maupun alat olahraga lainya yang dipakai pada kegiatan olahraga kompetisi lokal (PON,IBL, Pro Liga) maupun internasional (FIFA World Cup).

Menanggapi pernyataan Menperin Agus tersebut, Ketua Umum Forwin Sanusi mengemukakan bahwa gelaran mini soccer ini merupakan upaya Forwin merealisasikan ide Menperin Agus pada pelaksanaan turnamen futsal tahun lalu.

"Saya juga ikut menyampaikan apresiasi kepada Kemenperin, para sponsor, dan semua pihak yang terlibat dalam event Menperin Cup 2024 ini. Terima kasih atas dukungan dan kontribusinya sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik," ungkap Sanusi.

BACA JUGA:Ribuan Kontainer Beras Ilegal Menumpuk di Pelabuhan Tanjung Priok, Kemenperin: Belum Ada Penjelasan dari Bea Cukai

BACA JUGA:Kemenperin Sebut Menkeu Tidak Transparan Terkait Isi 26.415 Kontainer

Sanusi menambahkan, melalui penyelenggaraan turnamen mini soccer Menperin Cup 2024 ini, diharapkan para pelaku industri manufaktur nasional bisa melirik potensi industri perlengkapan olahraga memiliki prospek yang cukup cerah.

Kategori :