Kebakaran di RS Pusat Pertamina: Evakuasi Cepat, Pasien Selamat Tanpa Korban Jiwa

Senin 26-08-2024,17:45 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID – Sebuah insiden kebakaran terjadi di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) pada Senin, 26 Agustus 2024, sekitar pukul 13.15 WIB.

Kebakaran ini terjadi di lantai 4F, yang saat ini sedang dalam proses renovasi. Lokasi tersebut tidak berada di area pelayanan pasien, sehingga risiko langsung terhadap pasien dapat diminimalisir.

Saat kejadian, RSPP merawat 134 pasien yang berada di ruang rawat inap.

Manajemen RSPP segera mengaktifkan prosedur darurat untuk mengevakuasi pasien ke lokasi yang lebih aman, yaitu Gedung B lantai 1 dan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Evakuasi berlangsung cepat dan tertib, sehingga seluruh pasien berhasil dipindahkan tanpa adanya korban jiwa.

BACA JUGA:Pertamina Hadir di WOW Indonesia Festival 2024, Peringati 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-AS

BACA JUGA:Pertamina Edukasi Inovasi Teknologi Energi Terbarukan di Kalangan SMA

"Keselamatan pasien adalah prioritas utama kami. Seluruh pasien telah dipindahkan ke tempat aman dan mendapat penanganan medis yang diperlukan," ujar dr. Lia Gardenia Partakusuma, Plt. Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC (IHC).

Para tenaga medis dan perawat tetap berada di sisi pasien hingga situasi dinyatakan aman.

Kebakaran berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB berkat kesigapan tim pemadam kebakaran.

Sebanyak tujuh unit pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan dan Pertamina dikerahkan ke lokasi kejadian.

Selebihnya sekitar 20 mobil pemadam kebakaran siaga di sekitar area RSPP untuk memastikan api benar-benar padam dan tidak menyebar ke area lain.

BACA JUGA:AZEC 2024: Pertamina dan NEXI Tingkatkan Kesepakatan untuk Mendukung Asuransi Perdagangan dan Fasilitas Kredit bagi Transisi Energi

BACA JUGA:AZEC 2024: Kerjasama PERTAMINA dan JICA Tingkatkan Upaya Transisi Energi

"Kami sangat menghargai kerjasama dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Pertamina yang cepat merespons insiden ini. Dengan bantuan mereka, api berhasil dikendalikan dalam waktu singkat," tambah dr. Lia.

Kategori :