Kemendag Beri Pelatihan Digital Demi Majukan UMKM Lintas Industri

Rabu 28-08-2024,21:16 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggandeng sejumlah pihak seperti Lampu.id, Lazada Indonesia, dan Komunitas Tangan Di Atas (TDA) menggelar pelatihan Jadi Go Digital (JAGO) yang ditujukan bagi para pelaku UMKM lintas industri.

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag Krisna Ariza mengatakan pelatihan ini dibuat untuk memberikan edukasi komprehensif tentang pemanfaatan ekosistem digital dalam pengembangan usaha dan mengupayakan pelaku usaha mencapai pasar yang luas.

BACA JUGA:Tempo Scan Gandeng Andre Taulany Berikan Modal Usaha untuk UMKM

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan pelaku usaha.

"Ke depannya diharapkan program pemasaran yang dijalankan secara mandiri dapat semakin matang, menciptakan produk berkualitas yang bahkan mampu menembus pasar ekspor," ujar dia kepada wartawan, Rabu, 28 Agustus 2024.

BACA JUGA:Pemprov DKI Kembangkan Jakarta Entreprenuer Agar UMKM Mampu Bersaing di Pasar Global

Krisna mengatakan, pelatihan ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari pelatihan berfokus pada kreasi konten pemasaran, dilanjutkan dengan pengelolaan usaha, pengemasan produk, pelayanan konsumen hingga peluang perluasan pasar.

"Kami memahami bahwa keterampilan digital yang mumpuni merupakan salah satu tantangan bagi UMKM lokal untuk mengembangkan bisnis mereka," katanya.

BACA JUGA:Haloje Indonesia Siap Bantu UMKM dengan Mengadakan Meeting dan Training dengan Tema Kemerdekaan, Catat Tanggalnya

Pelaku UMKM bisa meningkatkan pendapatan dan berjejaring lebih luas dengan naik kelas. Lalu bagaimana cara pelaku UMKM bisa naik kelas?

kolaborasi dan inovasi merupakan dua kunci utama untuk para pelaku UMKM naik kelas.

BACA JUGA:Pemprov DKI Sukses Gelar JITEX 2024, Produk UMKM Lokal Tembus Pasar Internasional

Kolaborasi UMKM dengan ritel modern dan marketplace diharapkan dapat meningkatkan akses pemasaran bagi pelaku UMKM di dalam negeri.

 

 

Kategori :