Luar Biasa, 1.142 Wartawan Siap Meliput PON XXI Aceh-Sumut 2024

Jumat 30-08-2024,09:48 WIB
Reporter : Fandi Permana
Editor : Fandi Permana

JAKARTA, DISWAY.ID - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON XXI Aceh-Sumut 2024 terus mengebut persiapan pesta olahraga nasional itu.

Salah satu fasilitas penting yang disiapkan adalah media center untuk membantu tugas para awak media yang meliput PON XXI Aceh-Sumut 2024. 

BACA JUGA:Viral Video Mba Rara Lakukan Ritual Tolak Hujan di Aceh, PB PON Menentang Keras!

BACA JUGA:Ketua Umum KONI Pusat Pastikan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Dibuka dan Ditutup Presiden Jokowi

Total ada 1.142 wartawan yang elah mendaftar untuk peliputan multievent Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Sumatera dan Aceh.

"Hingga saat ini, sebanyak 1.142 wartawan telah mendaftar untuk meliput PON XXI di kedua provinsi tuan rumah," kata Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Bidang Media dan Humas wilayah Sumatera Utara Raja Parlindungan Pane dalam press briefing Forum Merdeka Barat dengan topik Kesiapan Media Center PON XXI 2024, Kamis 29 Agustus 2024. 

Dari jumlah itu, 579 wartawan telah terdaftar untuk meliput di Sumut, sementara di Aceh, jumlah wartawan yang terdaftar mencapai 563 orang.

Selain itu, panitia juga menyeleksi ketat aturan akreditasi media yang bisa meliput event PON XXI Aceh-Sumut 2024. Raja Pane menyebut pihaknya akan menyeleksi ketat daftar media yang bisa meliput pesat olahraga nasional itu 

"Pentingnya penerapan standar ketat untuk memastikan bahwa tugas dan fungsi wartawan dapat dilaksanakan dengan profesionalisme yang tinggi selama ajang PON XXI berlangsung," katanya.

BACA JUGA:Raih Emas Olimpiade, Rizki Juniansyah Kagum dengan Cibubur Youth Elite Training Center

Sementara itu, Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Wilayah Aceh Tirto Prima Putra mengatakan soal aturan hak siar pertandingan. Dalm hal ini, MNC TV akan menyiarkan pertandingan sepak bola, voli, biliar, dan kickboxing secara langsung.

Sementara TVRI akan menyiarkan karate, wushu, dan bulu tangkis.

"Meskipun beberapa cabang olahraga telah memiliki hak siar, rekan-rekan media tetap dipersilakan untuk meliput dan mengambil cuplikan gambar atau video," katanya.

Tirto mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam menyampaikan narasi bersama. PON XXI bukan hanya sekadar ajang kompetisi olahraga, tetapi juga merupakan momentum penting untuk memperkuat kebersamaan dan persatuan bangsa.

"PON adalah puncak olahraga Tanah Air yang bertujuan mencetak atlet juara dunia dari Indonesia. Kita ingin memperkuat kebersamaan demi meraih prestasi tertinggi," ujarnya.

Kategori :