Apa Itu Label Nutrigrade? Bakal Diterapkan di Menu Restoran Selain Makanan Kemasan

Jumat 30-08-2024,14:09 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya akan mengadopsi label Nutrigrade layaknya di Singapura.

Namun, kebijakan tersebut akan ditingkatkan sehingga bukan hanya diterapkan pada makanan kemasan,melainkan juga makanan cepat saji di restoran.

Hal ini sebagai salah satu upaya agar masyarakat memilih makanan yang lebih sehat.

BACA JUGA:Cuitan Netizen Gegara Demo Ojol Hari Ini, Banyak yang Susah Order Makanan!

Sehingga, diharapkan mengurangi risiko penyakit tidak menular akibat pola makan yang salah, seperti diabetes.

"Melihat bahwa penyakit diabetes ini banyak dampak negatifnya ke kesehatan masyarakat karena diabetes itu mirip, malah mungkin lebih ganas dari rokok," kata Budi ketika ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, 29 Agustus 2024.

Pasalnya, lanjut Budi, diabetes dapat menyerang ginjal, mata, bahkan stroke hingga gagal jantung.

BACA JUGA:Update! Daftar 10 Promo Makanan dan Minuman Spesial HUT RI, Ada Solaria, Pepper Lunch, Kimukatsu hingga Kopi Kenangan

"Nah kita di undang-undang yang baru kan sudah ada rencana mengatur mengenai kadar gula. Untuk yang berkenaan dengan cukai, itu ranahnya kementerian keuangan. Tapi sudah ada cantolannya di sini. Sedangkan di kita lebih ke ranah edukasi," lanjutnya.

Dalam hal ini, pihaknya mengatur agar makanan yang dijual kepada masyarakat memberikan informasi gizi, seperti di Singapura yang dikenal dengan nama Nutrigrade.

Nutrigrade ini memberikan kategori dari A hingga D berdasarkan kandungan gizi yang dimiliki pada tiap makanan.

BACA JUGA:15 Promo Makanan dan Minuman Spesial HUT RI, Banjir Diskon Serba Rp17 Ribu!

Kemenkes pun mengaku tak ingin kalah dari negara tetangga dan mengadopsi dengan peningkatan.

"Jadi setiap makanan baik kemasan, yang ada di supermarket, Indonesia pengen lebih maju. Makanan siap saji juga yang ada di restoran," ungkapnya.

"Restoran kan biasanya beberapa restoran suka bilang 700 kalori, 500 kalori. Sekarang kita mau pasang nutrigrade juga. A, B, C, D. Kita menirulah kayaknya Singapura kan bagus, gampang dilihat kelasnya A, B, C, D," paparnya.

Kategori :