21 Ribu RPK Bulog Tersebar di Seluruh Indonesia, Bantu Jaga Stabilitas Harga Beras Ditingkat Konsumen

Jumat 30-08-2024,20:54 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi mengungkapkan ada sebanyak 21.384 rumah tangga kita (RPK) yang terdiri dari warung-warung, kios-kios, lapak-lapak milik masyarakat yang ada di gang-gang, pemukiman masyarakat bermitra dengan Bulog.

"Per juli 2024 sudah ada 21.384 RPK diseluruh Indonesia yang bertransaksi dengan bulog,"kata Bayu dalam acara diskusi Bersama di Kantor Bulog pada Jumat, 30 Agustus 2024.

BACA JUGA:Mengawal Tradisi dan Kualitas, Aksi Perum Bulog Siaga Rayakan Kemerdekaan Dalam Menyediakan Beras Terbaik bagi Ibu di Indonesia

BACA JUGA:Program Mitra Tani Perum Bulog Siap Jawab Tantangan Ketahanan Pangan

Dalam kesempatan ini, Bayu menjelaskan bahwa jaringan retail ini sangat penting karena bulog harus menjaga keamanan dan stabilitas harga pangan lewat stabilitas harga ditingkat konsumen.

"Jadi memiliki 21.380 retail yang berada di dalam jaringan Bulog. Itu akan menjadi sebuah instrument yang sangat operasional untuk bulog bisa tutur menjaga stabilitas pangan,"tuturnya.

Bayu menjelaskan sebaran usaha RPK Bulog terbagi dalam tiga kategori retail yang tersebar diseluruh Indonesia.

BACA JUGA:Perum Bulog Kembali Salurkan Bantuan Pangan, Demi Kendalikan Inflasi

BACA JUGA:Pemberdayaan Hulu ke Hilir, Cara Perum BULOG dalam Membantu Menciptakan Ketahanan Pangan

"Sebanyak 74 persen RPKnya bulog ada dipemukiman dan ini penetrasi retail langsung ke konsumen. Di Pasar ada 25 persen, di rusun ada 1 persen,"lanjutnya.

Adapun, kata Bayu, keuntungan dari retail mitraan bulog ini mencapai hingga Rp 50 juta per bulannya. Dan sebanyak 28,6 persennya dipasok bulog dengan perhitungan untuk potential market dari Rp 21.000 atau sekitar Rp 11.500 per tahun.

Kategori :