Alasan Anies Baswedan Ingin Buat Partai Baru, 'Semua Partai Tersandera Kekuasaan, Mencalonkan Saja Terancam'

Jumat 30-08-2024,18:10 WIB
Reporter : Anisha Aprilia
Editor : M. Ichsan

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sinyal akan membuat partai atau organisasi masyarakat baru.

Hal itu dikarenakan Anies melihat partai-partai yang ada saat ini tersandera oleh penguasa. Bahkan, dia membeberkan bahwa pencalonan kepala daerah saja sangat berisiko saat ini.

BACA JUGA:Sedih, Anies Akui Menyesal Tak Bisa Maju di Pilkada Jakarta 2024

BACA JUGA:Anies Bocorkan Rencana Bikin Partai Baru: Insya Allah Dalam Waktu yang Tak Lama

"Nah gini, kalau masuk partai pertanyaanya partai mana yang sekarang tidak tersandera kekuasaan? Jangankan dimasuki, mencalonkan saja terancam, agak berisiko juga bagi yang mengusulkan. Jadi ini adalah sebuah kenyataan," kata dia dalam kanal Youtubenya, Jumat, 30 Agustus 2024.

Anies mengungkapkan bahwa usulan membuat partai politik dipandangnya untuk mengumpulkan semangat-semangat yang menginginkan kondisi politik baru. Politik yang lebih baik dengan perubahan dimulai dari partai.

Oleh karena itu, ia tidak menutup rapat kemungkinan akan membuat partai atau organisasi masyarakat sendiri.

BACA JUGA:Geisz Chalifah Beberkan Cerita Dibalik Batalnya Rencana PDIP Usung Anies di Pilkada 2024

BACA JUGA:Istana Bantah Tudingan PDIP soal Anies Gagal Maju Pilgub karena Mulyono

"Gini. Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar, dan itu menjadi sebuah kekuatan, diperlukan menjadi gerakan, maka membangun ormas atau membangun partai baru, mungkin itu jalan yang akan kami tempuh. Kita lihat sama-sama ke depan," ujar Anies.

Kategori :