Menhub Budi Karya Sebut Perkeretaapian Berkembang Signifikan, MRT, LRT, hingga Whoosh

Selasa 03-09-2024,15:18 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai perkembangan perkeretaapian berkembang pesat. 

Hal itu diungkapkannya saat bersama CEO PT KAI (Persero) dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin membuka ASEAN Railway CEO Conference ke-44 di Bandung, pada Selasa, 3 September 2024. 

Hal ini menandai dimulainya kegiatan tersebut selama empat hari, yakni pada 2-5 September 2024.

BACA JUGA:Kemenhub dan PT. Pelindo Tandatangani Perjanjian Strategis Pemanfaatan Tanah Reklamasi di Pelabuhan Benoa

Budi Karya mengapresiasi pada PT KAI dan seluruh mitra serta pemangku kepentingan dalam ARCEO’s Conference 2024. 

Ia mengharapkan kepada seluruh peserta yang hadir untuk bisa memberikan masukan-masukan yang sangat berharga bagi pengembangan sektor transportasi ASEAN, khususnya perkeretaapian. 

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk bergabung dengan para pembicara terhormat lainnya untuk berbagi pandangan saya mengenai tema yang sangat tepat waktu dan relevan bagi sektor perkeretaapian kita tercinta ini. Kita semua berharap dapat memperoleh masukan yang sangat berharga dan mudah-mudahan kita dapat saling berbagi wawasan pada hari ini," kata Menteri Budi Karya.

BACA JUGA:Menhub Budi Karya Usul Tambahan Anggaran Rp 7,68 Triliun pada 2025

Lebih lanjut, Budi menceritakan bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat signifikan di sektor perkeretaapian dengan beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh. 

Kemudian dalam hal perkeretaapian perkotaan, Indonesia tengah berupaya memperluas jaringan MRT kita dengan pembangunan yang sedang berlangsung ditambah LRT Jabodebek, dan yang terbaru adalah Autonomous Rail Transit di Nusantara sebagai Ibu Kota Negara berikutnya. 

Jalur-jalur ini, kata dia, akan melengkapi jaringan kereta api perkotaan yang ada di Jakarta dan diharapkan dapat menjadi solusi yang sangat baik bagi mobilitas masyarakat. 

BACA JUGA:Kemenhub Optimalisasi Layanan Terminal Tipe A di Seluruh Indonesia

"Saya sangat yakin bahwa pembangunan sektor perkeretaapian kita masih berada di jalur yang tepat menuju masa depan yang gemilang," tutur Budi Karya. 

"Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan momentum kesempatan hari ini untuk membina kerja sama dan membangun hubungan yang lebih erat guna meningkatkan hal ini," lanjutnya. 

BACA JUGA:HUT RI ke-79, Kemenhub: Ketersediaan Transportasi Kian Meningkat di Daerah 3TP

Kategori :