Kemenhub Optimalisasi Layanan Terminal Tipe A di Seluruh Indonesia

Kemenhub Optimalisasi Layanan Terminal Tipe A di Seluruh Indonesia

Bimbingan Teknis Bidang Pengelolaan Terminal Angkutan Jalan dengan tema 'Growth Mindset Challenges'.--Kemenhub

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Perhubungan fokus pada optimalisasi layanan terminal tipe A di seluruh Indonesia. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Direktorat Prasarana Transportasi Jalan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Bidang Pengelolaan Terminal Angkutan Jalan dengan tema 'Growth Mindset Challenges'. 

Hal ini dalam rangka Optimalisasi Pelayanan pada Terminal Tipe A di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:KPK Dalami ASN Kemenhub Soal Dugaan Korupsi di Lingkungan DJKA

"Terminal Tipe A sebagai salah satu ujung tombak dari Ditjen Perhubungan Darat diharapkan dapat terus berkembang dari segi fisik atau bangunan sampai dengan pelayanan kepada penumpang maupun pengguna terminal lainnya," ujar Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Toni Tauladan dikutip pada Sabtu, 24 Agustus 2024. 

Dalam peningkatan fisik bangunan dan pelayanan, Ia menekankan agar tidak selalu menggunakan anggaran negara atau APBN. 

Namun, dapat juga menggunakan sponsorship dari swasta dengan ketentuan peraturan yang berlaku. 

BACA JUGA:Budi Karya Melantik Kepala BPSDMP dan Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kemenhub

"Saat ini fungsi terminal bukan lagi hanya untuk fungsi transportasi sebagai tempat naik dan turun penumpang saja, akan tetapi juga sebagai fungsi ekonomi, fungsi sosial dan fungsi budaya," jelasnya. 

Kemudian, Ia menuturkan kini sudah banyak terlihat logo 'Terminal WOW Jauh Lebih Keren Sebagai harapan di mana terminal harus terus melakukan upgrade dan lebih baik ke depannya tentunya dengan pengelolaan dan pelayanan dari Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas dan mampu menghadapi tantangan. 

BACA JUGA:Kurangi Emisi Karbon, Kemenhub Dukung Proyek Konversi Kapal Solar jadi Diesel Dual Fuel

Adapun, pada kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber yakni Motivator, Pusta Hery Kurnia, Kepala Divisi Pemasaran PT Transjakarta, Mahal Mark Rivero yang membahas mengenai Jurus Marketing dan Branding Untuk Menarik Minat Investor. 

Kemudian, sebagai narasumber lainnya, yaitu Akademisi Kementerian Perhubungan, M. Popik Montanasyah yang membahas mengenai Manajemen SDM dan Pengelolaan Terminal serta Profesional, Samuel Bobby Hasan yang membahas tentang Teknik Marketing Untuk Meningkatkan Daya Jual Aset Bangunan dan Lahan yang Tidak Laku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: