Grafiti Serentak di 5 Negara Asia Catatkan Rekor MURI

Rabu 04-09-2024,11:35 WIB
Reporter : Annisa Amalia Zahro
Editor : Khomsurijal W

JAKARTA, DISWAY.ID-- Festival Gratifiti Internesional IV: King Royal Pride 2024 berhasil catatkan Rekor MURI melalui pelukisan grafiti serentak di 5 negara Asia. 

Ajang tersebut, diselenggarakan secara serentak di lima negara Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Taiwan, Vietnam, Singapura, dan Filipina.

Sedangkan di Indonesia, festival digelar di seluruh wilayah pada 7-8 September 2024.

BACA JUGA:4 Daftar Event Festival Kuliner di Jakarta September 2024, Siap Manjakan Perut dengan Ragam Makanan Autentik

Dalam pelaksanaannya, festival ini menjadi saksi sejarah pencatatan rekor MURI pelukisan grafiti serentak di lokasi terbanyak.

Di mana, akan ada lebih dari 100 papan dinding, 1400 seniman, dan 5 negara.

Festival Graffiti Internasional merupakan bagian dari ajang King Royal Pride 2024 yang puncak acaranya berlangsung pada 28-29 September 2024 di areal Produksi Film Negara (PFN), Jakarta Timur.

Di tempat yang juga kental dengan nilai sejarah tersebut dipenuhi oleh kemeriahan seni graffiti dan street art yang berkolaborasi dengan kalangan musisi hip hop dan berbagai unsur kebudayaan nasional lainnya.

Para seniman bersinergi mengekspresikan kreativitas dalam persahabatan dan persaudaraan di festival seni urban yang diinisiasi oleh Diton King tersebut.

Festival Graffiti Internasional IV: King Royal Pride 2024 telah memasuki tahun keempat dan hadir dengan tema "Merayakan Kejayaan Seni Graffiti Indonesia di Panggung Dunia".

BACA JUGA:Cara Beli Prangko Edisi Spesial Paus Fransiskus ke Indonesia, Kenang-Kenangan Bersejarah!

Dimulai pada masa pandemi Covid-19 di tahun 2021, King Royal Pride membangun kembali seni urban dengan melibatkan UMKM toko-toko graffiti di seluruh negeri.

Seiring berjalannya waktu, festival ini menjadi ajang populer bagi seniman grafiti dan street art. Tidak hanya di kawasan ASEAN, tetapi juga Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, Tiongkok, hingga Rusia.

Kategori :