Kolaborasi Multipihak Wujudkan Desa Wisata Edukasi Ciderum

Rabu 11-09-2024,11:13 WIB
Reporter : Subroto Dwi Nugroho
Editor : Subroto Dwi Nugroho

“Menciptakan bebas sampah perlu mengubah mindset masyarakat. Memang tidak segampang membalikkan telapak tangan. Harus dididik dari rumah, sekolah, kantor, dan perusahaan," kata Joko.

Joko menambahkan, miniatur pengelolaan sampah yang saat ini telah dimiliki oleh Desa Wisata Ciderum sekaligus memberikan edukasi berbasis masyarakat.

BACA JUGA:Lakukan Kunjungan Kerja ke Surabaya, Presiden Jokowi Pastikan Inflasi Pangan Terkendali

BACA JUGA:8 Pelaku Curanmor Dibekuk di Subang, Modus Rusak Kunci Kontak

Hal ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengubah mindset masyarakat yang sebelumnya membuang sampah sembarangan atau hanya membuang sampah di tempat terbuka agar mampu memilah sampah dengan cara tata kelola yang baik dan benar.

Oleh sebab itu kata Joko, kami dari PT Tirta Investama Ciherang sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Desa wisata Ciderum dengan memfasilitasi adanya miniatur pengolahan sampah sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dalam mengelola sampah sehingga meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat”, ujar Joko.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Yudi Santosa, menambahkan, untuk memajukan desa wisata perlu semangat para penggerak wisata serta perlu dukungan dari Pemerintah Desa setempat.

“Perlu ada ciri khas desa wisata. Misalnya pengolahan sampah dan event. Disbudpar siap dukung. Kami harapkan tak selalu kegiatan event itu di Stadion Pakansari tapi di setiap desa wisata. Kami juga mendorong seluruh perusahaan jika menggelar gathering itu dilakukan di desa wisata”, imbuhnya. 

BACA JUGA:Ungkap Penipuan Modus Pesan Dimsum Secara COD, Pelaku Dibekuk Tidak Sampai 24 Jam

BACA JUGA:Pemotor Tertabrak KRL di Stasiun Bojonggede Arah Citayam

PT. Tirta Investama Plant Ciherang menggandeng Senyum Untuk Negeri pada program pengelolaan sampah Desa Wisata Ciderum sebagai komitmen tanggung jawab sosial perusahaan.

Melalui program ini, PT. Tirta Investama berharap dapat turut mendukung pengembangan Wisata berbasis masyarakat di Desa Ciderum Kecamatan Caringin dengan proses pendampingan yang dijalankan.

Kategori :