Kuasa Hukum Kaesang Tegaskan Tak Ada Niat Ulur Waktu Klarifikasi

Selasa 17-09-2024,14:23 WIB
Reporter : Ayu Novita
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Kuasa hukum Kaesang Pangarep, Nasrullah mengatakan bahwa kliennya tidak memiliki niat untuk memperlambat waktu klarifikasi penggunaan jet pribadi ramai diperbincangkan. 

Dalam hal ini, Nasrullah menyebut bahwa Kaesang hadir di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tanpa diundang dan membawa itikad baik. 

"Kenapa baru datang sekarang, saya kira itu bukan masalah. Jadi nggak ada usaha untuk memperlampat atau semacamnya. Ini adalah itikad baik, dan tidak ada panggilan," katanya kepada awak media di gedung lama KPK atau ACLC KPK pada Selasa, 17 September 2024. 

BACA JUGA:Kaesang Akui Kedatangannya Inisiatif Pribadi Bukan Undangan KPK

Ia mengungkap, saat ini kliennya sedang menunggu arahan dan petunjuk dari lembaga antirasuah itu mengenai tindak lanjutnya. 

"Yang jelas sekarang posisi Mas Kaesang adalah menunggu arahan dan petunjuk dari KPK, seperti apa tindak lanjutnya. Sebagai warga negara yang baik dan taat hukum datang ke sini. Walaupun tanpa diundang, datang menyampaikan klarifikasi ke KPK dengan isu gratifikasi yang selalu diperkenalkan," tegasnya. 

Nasrullah enggan menyebut lebih lanjut mengenai proses yang dilakukan suami Erina Gudono tersebut di Direktorat Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK. 

BACA JUGA:Hadir di KPK, Kaesang Klarifikasi Penggunaan Jet Pribadi yang Digunakan Pelesiran ke Amerika Serikat

"Mengenai detailnya, bisa tanya langsung ke KPK. Karena tadi kami sudah sampaikan detail perjalanan yang terkait dengan itu," pungkasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Kaesang Pangarep, Francine Widjojo mengatakan bahwa kliennya 'menumpang' jet pribadi dalam perjalanan menuju Amerika Serikat pada tanggal 18 Agustus 2024 lalu. 

"Beliau (Kaesang) datang ke KPK untuk menyampaikan atau mengklarifikasi terkait dengan keberangkatannya ke Amerika Serikat yang sebenarnya menumpang atau nebeng istilahnya. Nebeng pesawat temannya, pesawat pribadi," kata Francine. 

BACA JUGA:Pakai Kemeja Panjang Putih, Kaesang Pangarep Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Sebenarnya, kata Francine, Kaesang sudah memiliki rencana melakukan perjalanan dengan pesawat komersil pada tanggal 20 Agustus 2024. 

Namun, ada seorang temannya yang juga melakukan perjalanan dengan tujuan yang sama mengajak Kaesang pergi bersama. 

Pesawat tersebut diduga jet pribadi jenis Gulfstream G650 dengan nomor penerbangan N588SE. Pemilik Gulfstream G650ER dengan nomor penerbangan N588SE adalah Garena Online (Private) Ltd, unit usaha Sea Group.

Kategori :