Mengenal Prosedur Medis PCI untuk Penanganan Serangan Jantung Akut

Selasa 17-09-2024,17:12 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

Prosedur PCI di Catheterization Lab Rumah Sakit Siloam dilakukan dengan menggunakan teknologi mutakhir untuk memastikan keberhasilan dan keamanan.

Setelah pasien dipindahkan ke Catheterization Lab, dokter akan memasukkan kateter melalui pembuluh darah di lengan atau paha dan mengarahkannya ke arteri koroner yang tersumbat.

Selama prosedur, tim medis akan memantau posisi kateter dan kondisi arteri menggunakan fluoroskopi digital, yang memungkinkan visualisasi real-time dari bagian dalam arteri.

Prosedur ini biasanya melibatkan penggunaan balon yang dikembangkan untuk membuka penyumbatan dan menempatkan stent untuk menjaga arteri tetap terbuka. Stent yang digunakan di Rumah Sakit Siloam dilengkapi dengan teknologi terbaru, termasuk stent dengan teknologi terbaru dan alat medis pendukung untuk menjamin presisi dari prosedur PCI.

Manajemen Komplikasi Selama atau Setelah PCI

Komplikasi selama atau setelah prosedur PCI bisa termasuk pendarahan, infeksi, atau reaksi alergi terhadap bahan kontras.

Tim medis di Rumah Sakit Siloam dilatih untuk menangani berbagai komplikasi ini dengan cepat dan efektif.

Pemantauan pasca-prosedur sangat penting untuk mendeteksi dan mengatasi komplikasi yang mungkin terjadi.

Setelah PCI, pasien ditempatkan dalam ruang perawatan intensif jantung, sehingga tim medis dapat memantau mereka secara intensif dan memberikan perawatan yang diperlukan.

Jika komplikasi terjadi, seperti pendarahan dari lokasi kateter atau reaksi terhadap obat, dokter akan segera melakukan intervensi yang diperlukan.

Penggunaan teknologi dan peralatan terkini di Catheterization Lab memungkinkan deteksi dini masalah dan penanganan yang efisien.

Pendekatan proaktif ini membantu dalam meminimalkan dampak komplikasi dan memastikan bahwa pasien mendapatkan pemulihan yang optimal.

BACA JUGA:Hamas Serang Jantung Kota Tel Aviv, Irone Dome Berhasil Dijebol Moqadameh M90

Pendekatan Rehabilitasi dan Tindak Lanjut Pasca PCI

Setelah prosedur PCI, pasien di Rumah Sakit Siloam menerima program rehabilitasi yang komprehensif untuk mendukung pemulihan dan pencegahan penyakit jantung di masa depan.

Program rehabilitasi ini mencakup konseling tentang perubahan gaya hidup yang sehat, seperti pola makan seimbang, rutinitas olahraga teratur, dan pengelolaan stres.

Kategori :