Penyebab Tekanan Darah Cepat Naik di Pagi Hari, Termasuk Minum Banyak Kafein

Senin 23-09-2024,22:22 WIB
Reporter : Rury Pramesti
Editor : Rury Pramesti

Sebelumnya, diketahui bahwa dr Ramit anjurkan agar bisa mengonsumsi sedikit sarapan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks, termasuk buah-buahan.

Berikut ini ada beberapa jenis buah yang mengandung protein dan dapat mengurangi tekanan darah yaitu potasium dan magnesium.

1. Kiwi

Buah kiwi dapat mengatasi tekanan darah ringan, kiwi mangandung banyak vitamin C yang dijelaskan dalam studi bahwa konsumsi kiwi sekitat 500 mg vitamin C sehari selama delapan minggu mengalami peningkatan terhadap tekanan darah.

2.  Pisang

Buah pisang banyak mengandung potasium yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanandarah pada tubuh. 

Selain itu pisang yang berukuran sedang juga mengandung sekitar 422 miligram kalium.

Potasium juga dapat mengurangi efek natrium dan membantu ketegangan di pembuluh darah.

3. Semangka

Semangka banyak mengandung mineral dan juga kaya akan asam amino atau citrulline, tubuh kita dapat mengubah citrulline menjadi arginine yang membantu tubuh produksi oksida nirat atau gas yang dapat melemaskan pembuluh darahdan mendorong arteri.

4. Ekstrak Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang bermanfaat juga bagi kesehatan jantung, dalam studi 2021 mengonsumsi estrak tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan pada orang yang hipertensi ataupun tidak.

5. Berry

Buah yang termasuk dalam berry seperti buleberry, raspberry, chokeberry, cludberry dan stroberi memiliki banyak kandungan manfaat pada kesehatan, termasuk menurunkan potensi dan faktor utama risiko penyakit jantung serta tekanan darah tinggi, buah ini juga kaya akan antioksidan termasuk anthocyanin yang merupakan pigment warna cerah pada berry.

Itu dia beberapa informasi terkait penyebab tekanan darah cepat naik saat di pagi hari. Semoga bermanfaat!

Kategori :