Pelaku Curanmor Berstatus Mahasiswa Dibekuk, Ngaku dari Leasing Ancam Pelajar

Selasa 24-09-2024,10:18 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Tiga orang, termasuk dua mahasiswa, ditangkap polisi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, setelah terlibat dalam pencurian sepeda motor dengan modus berpura-pura sebagai debtcolletor dari leasing.

Kapolsek Pasar Minggu, Kompol Anggiat Sinambela, menjelaskan bahwa pelaku menyasar anak-anak sekolahan yang dianggap lugu dan mudah ditakuti.

"Ketiga pelaku berinisial Y, YM, dan AB kami amankan karena telah melakukan pencurian dengan cara perampasan terhadap korban yang merupakan pelajar," katanya kepada wartawan pada Senin 23 September 2024.

BACA JUGA:Sekuriti Dibacok Pelaku Curanmor di PIK, Kepergok Saat Beraksi

Anggiat mengatakan, aksi terakhir para pelaku terjadi pada 18 September 2024 di dua lokasi berbeda, di mana mereka berhasil mencuri dua sepeda motor.

Korban mereka adalah siswa kelas 1 SMA, dengan inisial BM yang memiliki Vespa matic dan A yang memiliki Honda Beat.

"Pelaku awalnya berkumpul dan berjumlah enam orang, di mana tiga di antaranya masih buron. Mereka berkeliling mencari target dengan mengendarai sepeda motor," jelasnya.

BACA JUGA:Pasutri Terlibat Kasus Curanmor di Tangerang, Berperan Sebagai Penadah Barang Curian

Adapun modus operandi mereka adalah berpura-pura sebagai leasing yang ingin menindaklanjuti masalah motor korban.

"Mereka memberhentikan korban dan mengklaim bahwa motor yang digunakan bermasalah dengan leasing, meminta korban untuk ikut ke kantor," paparnya.

Setelah berhasil mendapatkan kepercayaan korban, pelaku kemudian meminta identitas dan memboncengnya.

BACA JUGA:Pasutri Terlibat Kasus Curanmor di Tangerang, Berperan Sebagai Penadah Barang Curian

"Dua pelaku ini mahasiswa aktif, mereka berpura-pura sebagai leasing mengatakan pada korban, motornya ada sangkut paut dengan leasing dan meminta korban ikut ke kantor," terangnya," jelas Anggiat.

Motor yang dicuri rencananya akan disimpan di kawasan Pondok Gede untuk dijual, namun mereka berhasil ditangkap sebelum bisa melakukannya.

"Rencananya akan dijual, tapi tertangkap dahulu," tutupnya.

Kategori :