LPDB-KUMKM Dukung UMKM Tumbuh Melalui Koperasi: Kisah Sukses Homestay dan Pusat Oleh-oleh di Wonosobo

Selasa 24-09-2024,13:49 WIB
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Pertumbuhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus ditingkatkan oleh pemerintah, berbagai kebijakan, regulasi, program sampai akses pinjaman atau pembiayaan bagi UMKM semakin ditingkatkan.

Salah satu akses pinjaman atau pembiayaan yakni dana bergulir dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang disalurkan kepada koperasi juga memberikan angin segar bagi pelaku UMKM.

Salah satu contoh nyata adalah kisah sukses Puji Astuti, anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Melati di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Kembangkan Pertumbuhan Ekosistem UMKM, KemenKopUKM dan BPOM Perkuat Kerja Sama

Puji Astuti, pemilik homestay dan pusat oleh-oleh Trisakti di kawasan wisata Dieng, berhasil mengembangkan usahanya berkat dukungan pembiayaan dari LPDB-KUMKM melalui KSPPS Melati.

Dengan dana yang diperoleh, Puji mampu meningkatkan kapasitas produksi carica yang merupakan minuman kemasan khas Dieng, hingga meningkatkan kapasitas homestay, serta memenuhi kebutuhan fasilitas lainnya.

“Sangat membantu sekali petugasnya, tidak yang ribet-ribet cara penyampaiannya juga mudah, dan dibantu sekali oleh koperasi. Waktu itu jelang lebaran juga buat nambah modal biar produksinya tidak kekurangan, dan memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat, dampak positifnya ada peningkatan usaha," ujar Puji.

Puji menambahkan, meskipun usahanya masih sekelas UMKM, tetapi secara pelayanan dan fasilitas bisa bersaing dengan hotel.

BACA JUGA:Kemenkop UKM Ungkap Pentingnya Kemitraan Akses Teknologi UMKM

"Konsep homestay yang menyatu dengan pemilik rumah memberikan nuansa yang hangat dan pelayanan yang personal. Meskipun konsepnya homestay, fasilitas yang disediakan tidak kalah dengan hotel, seperti amenities lengkap dan dapur untuk memasak" kata Puji.

Menurutnya, sebagai pengusaha pihaknya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan produknya agar tamu merasa nyaman dan puas.

Puji berharap usahanya dapat terus berkembang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Dieng. Ia juga berharap kerja sama dengan LPDB-KUMKM dan KSPPS Melati dapat terus berlanjut untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

BACA JUGA:BRI Liga 1 Bergulir, Omzet UMKM Penjual Gorengan ini Meningkat Hingga Dua Kali Lipat

Dukung UMKM Naik Kelas

Kategori :