Debat Perdana Cagub DKI, Ridwan Kamil Sebut Kepala Daerah Wajib Taat Keputusan Pusat

Senin 07-10-2024,11:19 WIB
Reporter : Fajar Ilman
Editor : Marieska Harya Virdhani

JAKARTA, DISWAY.ID - Dalam debat perdana calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta, calon gubernur nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK), menekankan pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Koordinasi penting dalam menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam penanganan krisis seperti pandemi.

Dalam pernyataannya, RK menjelaskan bahwa meskipun perbedaan pendapat adalah hal yang wajar dalam politik, semua pihak harus tetap taat pada keputusan yang diambil oleh pemimpin di level pusat.

BACA JUGA:Debat Pilkada Jakarta Pramono Anung Vs Ridwan Kamil: Solusi Kreatif untuk Generasi Z

"Itulah pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi atau kota/kabupaten," katanya, Minggu, 6 Oktober 2024.

Menurutnya, perbedaan pendapat itu biasa, kita perdebatan di ruang-ruang yang sifatnya politik, yang di ruang-ruang sifatnya bisa menginformasikan bahwa ada perspektif lain.

"Tapi ujung-ujungnya, pemimpin kalau sudah mengambil keputusan di level pusat, maka namanya gubernur harus taat. Maka walikota dan bupati juga harus taat," ujarnya.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Akhiri Debat Perdana Pilkada Jakarta dengan Nyanyian dan Pelukan Hangat dari Atalia

RK menambahkan bahwa setelah keputusan diambil, semua pihak, termasuk gubernur, walikota, dan bupati, harus bersatu dalam menjalankan kebijakan tersebut.

"Karena dalam pengelolaan krisis memang harus satu komando, terjadi perbedaan dalam prosesnya tapi ketika sudah diputuskan oleh pemimpin level presiden," paparnya

BACA JUGA:Suasana Kontras di Debat Perdana Pilkada Jakarta: Antusiasme Pram-Rano vs Kesunyian Ridwan Kamil

"Tentulah serempak di bawah harus mengamankan dan menjalankan, dan menyelesaikan permasalahan secara kolaborasi," katanya. 

Debat perdana pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Pilkada Jakarta digelar Minggu malam, 6 Oktober 2024. 

Debat perdana cagub dan cawagub Jakarta digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pukul 19.00 WIB.

BACA JUGA:Suasana Kontras di Debat Perdana Pilkada Jakarta: Antusiasme Pram-Rano vs Kesunyian Ridwan Kamil

Kategori :