Lulusnya Bahlil S3 1.5 Tahun Dipertanyakan Alumni UI, Eman Sulaeman Nasim: Kalau Tidak Dibantu Orang Lain Benar-benar Menyita Waktu

Jumat 18-10-2024,11:24 WIB
Reporter : Reza Permana
Editor : Reza Permana

JAKARTA, DISWAY.ID – Lulusnya Bahlil S3 1.5 tahun dipertanyakan alumni UI, di mana Eman Sulaeman Nasim mengungkapkan bahwa kalau tidak dibantu orang lain benar-benar menyita waktu.

Menurut Eman Sulaeman Nasim yang merupakan salah satu alumni Universitas Indonesia dan juga seorang dosen menjelaskan bahwa untuk menyelesaikan  jenjang doktor atau S3 sangatlah sulit.

Eman yang telah menimba pendidik doktor di perguruan tinggi negeri Universitas Brawijaya dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah menjelaskan untuk menyelesaikan S3 minimal membutuhkan waktu 3 tahun.

BACA JUGA:Bahlil Lulus S3 di UI Hanya 1.5 Tahun Diserbu Netizen: Menyala Kampus UI Kalian

BACA JUGA:Ngiri Bahlil Lulus S3 di UI Hanya 1.5 Tahun, Netizen: Kalian Juga Bisa Kalau Jadi Bahlil!

Salah satu syarat yang berat menurutnya adalah menulis penelitian dalam bahasa Inggris dan dimuat di jurnal ilmiah internasional terindeks scopus.

“Jurnal tersebut hanya untuk dinyatakan layak saja atau LOA (letter of acceptance) yang merupakan hasil review membutuhkan waktu 6 bulan,” paparnya.

Eman menambahkan bahwa setelah itu, biasanya setelah itu 6 bulan berikutnya baru di muat dan semuanya dibutuhkan waktu 1 tahun.

Dalam videonya, Eman juga mempertanyakan sejak kapan UI buka Program S3 jalur research dan bisa hanya 1.5 tahun berbeda dangan peraturan Pemerintah.

BACA JUGA:UI Angkat Bicara Lulusnya Bahlil S3 dalam 1.5 Tahun: Ambil Jalur Riset

BACA JUGA:VIRAL! Peserta CPNS 2024 di NTB Mendadak Kaku Tak Bisa Bergerak, Diduga Alami Psikosomatis

Menurutnya aturan mahasiswa S3 menyelesaikan pendidikan minimal 3 tahun bukan peraturan lokal sepihak dari perguruan tinggi.

Namun aturan tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi yang dipimpin oleh Mohamad Nasir Kabinet Kerja 2014–2019.

Eman mejelaskan wajar masyarakat Tanah Air mempertanyakan kelulusan Bahlil Lahadalia sanggup menyelesaikan jenjang S3 hanya 1.5 tahun di UI.

Masyarakat juga banyak yang menyelesaikan jenjang S3 dan mereka sangat susah menyelesaikan pendidikan tersebut.

Kategori :