Dorong Implementasi Making Indonesia 4.0, Menperin Agus Raih Penghargaan Tokoh Inovasi dan Transformasi Industri

Sabtu 19-10-2024,10:24 WIB
Reporter : Bianca Khairunnisa
Editor : Subroto Dwi Nugroho

JAKARTA, DISWAY.ID -- Atas upaya dan terobosan yang ditempuh dalam mendorong transformasi digital, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memperoleh anugerah Tokoh Inovasi dan Transformasi Industri Detikcom Awards 2024 pada Kamis 17 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Menperin Agus dengan bangga mendedikasikan penghargaan yang diterima tersebut kepada seluruh stakeholders dari Kementerian Perindustrian, khususnya para pelaku industri.

"Selain menjadikan industri semakin efektif dan efisien, transformasi teknologi juga membawa produk-produk industri dalam negeri memiliki daya saing yang lebih tinggi," ujar Menperin Agus dalam sambutannya pada Kamis 17 Oktober 2024.

BACA JUGA:KPK Sebut Pertemuan Alexander Marwata dengan Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Bersifat Terbuka

BACA JUGA:Kinerja Ekspor Nonmigas Kumulatif 2024 Meningkat Pesat, Lebih Tinggi dari Tahun 2023

Meski demikian, Agus mengungkapkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang dihadapi oleh Kemenperin untuk transformasi digital pada industri. 

Terkait hal ini, Kemenperin juga terus melakukan pendekatan kepada para pelaku industri untuk bisa menjalankan transformasi yang akan memberikan dampak positif bagi industri, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang.

"Karenanya, Kemenperin mengharapkan dukungan dari semua pihak, termasuk institusi media agar implementasi transformasi di sektor industri ini dapat dilaksanakan dengan baik," ujar Agus.

Untuk mendukung industri manufaktur bertransformasi menuju Industri 4.0, Kemenperin telah menjalankan program Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) yang bertujuan untuk mengukur kesiapan industri untuk bertransformasi menuju Industri 4.0. 

BACA JUGA:WIKA Raih Kontrak Baru Rp15,5 Triliun hingga September 2024, Ada Proyek Baru di IKN

BACA JUGA:BPJPH Kemenag: Wajib Sertifikasi Halal Mulai Berlaku, Pelanggar Bakal Kena Sanksi

Melalui indeks ini, Kemenperin berupaya memetakan kesiapan industri secara akurat serta memperoleh gambaran yang utuh terkait kondisi dan tantangan yang dihadapi industri.

Pada tahun 2024, jumlah Champion INDI 4.0 bertambah sebanyak 24 perusahaan, sehingga saat ini terdapat 100 industri Champion 4.0.

Karena hal inilah, Menperin Agus mengharapkan pada tahun mendatang, jumlah Champion INDI 4.0 dapat bertambah minimal 50 perusahaan industri, namun tetap dengan kriteria yang ketat.

 

Kategori :