1. Buat CV yang Menarik dan Tepat Sasaran
CV adalah kesan pertama yang Anda berikan kepada perusahaan. Karena itu ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan untuk membuat CV yang menarik dan tepat sasaran.
Pertama adalah membuat CV sesuai dengan posisi yang Anda lamar dengan menyertakan keterampilan dan pengalaman yang relevan.
Kedua adalah dengan menggunakan desain yang profesional dan jelas. Aplikasi seperti Canva menyediakan template yang mudah digunakan.
Ketiga adalah melampirkan portofolio atau link proyek untuk menunjukkan keterampilan Anda secara nyata.
2. Bangun Portofolio Online yang Aktif dan Up-to-Date
Portofolio online menunjukkan pengalaman dan karya Anda dengan lebih lengkap dibandingkan CV. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan platform seperti LinkedIn untuk memperluas jejaring dan menampilkan pencapaian Anda.
BACA JUGA:Dukung Heru Tuntaskan Banjir, Milenial Jakarta: Gak Usah Dengar Suara Nyinyir
BACA JUGA:Dianggap Perjuangkan Kepentingan Anak Muda, Milenial dan Gen Z Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran
Selain itu platform seperti Behance dan Dribbble sangat cocok untuk menampilkan karya desain dan visual.
3. Perkuat Jaringan dan Koneksi Profesional
Jaringan profesional dapat membuka peluang yang tidak tersedia di portal lowongan kerja. Ikuti juga komunitas lokal yang berkaitan dengan bidang pekerjaan Anda.
Juga hadiri acara networking, seminar, dan workshop yang sering diadakan oleh inkubator atau komunitas startup di Bandung.
Cara terakhir tentu adalah memanfaatkan media sosial profesional seperti LinkedIn untuk membangun relasi dengan orang-orang di industri yang Anda minati.
Bandung bukan hanya kota yang menawarkan kreativitas, tetapi juga pusat pertumbuhan ekonomi digital.
BACA JUGA:Relawan Pemuda Milenial Prabowo Indonesia Siap Menangkan Satu Putaran