“Sejak pandemi semua mengalami percepatan, kita lihat salah satunya itu game, itu semakin booming setelah pandemi, which is basisnya adalah digital, jadi, teknologi ambil peran di sana,” kata Yuana saat ditemui media dalam acara ICStar Hackathon 2024 di Jakarta, Senin.
BACA JUGA:Kenalan dengan Artificial Intelligence, Kecerdasan Buatan Layaknya Manusia
Yuana mengatakan Kementerian Ekonomi Kreatif berperan besar terhadap perkembangan digital yang sangat masif ini dengan menjembatani mahasiswa dengan tantangan digital agar mereka bisa berkembang.
Kolaborasi pentahelix dengan perusahaan digital, pemerintah dan universitas menurutnya bisa mendorong mahasiswa melewati hambatan ini dengan program berbasis pengembangan digital.
Salah satunya program yang dijalankan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seperti Bekraf Developer Day yang mengumpulkan semua developer baru untuk dipertemukan dengan industri terkait.
BACA JUGA:Mesti Tahu! Ini Potensi Artificial Intelligence Alias Kecerdasan Buatan di Indonesia
Di sana mereka akan diberikan perkembangan terkini terkait teknologi termasuk game yang menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang bisa menjadi New Engine of Growth.
“Karena kurikulum itu biasanya nggak bisa semudah itu berganti, kita menjembatani dengan program-program yang melibatkan industri-industri terkini akhirnya teman-teman mahasiswa itu banyak update terbaru, itu kita lakukan continue, kementerian harus hadir untuk itu,” katanya.