JAKARTA, DISWAY.ID - Bagi peserta sekolah kedinasan 2025 yang lolos seleksi administrasi, akan melanjutkan tahap ke seleksi kompetensi dasar (SKD).
SKD Kedinasan 2025 menjadi tahap yang wajib diikuti peserta untuk mengukur kemampuan dan karakteristik peserta seleksi, baik secara pengetahuan, keterampilan, maupun perilaku.
Tahap SKD dilaksanakan dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) pada 11-26 Agustus 2025.
BACA JUGA:BKN Rilis Jumlah Pendaftar Sekolah Kedinasan 2025, PKN STAN Paling Banyak Peminat
Namun sebelum itu, peserta diwajibkan membawa kartu ujian. Lantas kapan peserta bisa mencatak kartu peserta ujian SKD Kedinasan 2025?
Kapan Peserta Cetak Kartu Ujian SKD Sekolah Kedinasan 2025?
Mengutip dari laman resmi SPCP IPDN, peserta baru dapat mencetak kartu ujian SKD setelah menyelesaikan pembayaran biaya ujian.
Namun, prosesnya tak berhenti sampai di situ. Peserta juga harus menunggu konfirmasi kehadiran dari sistem terlebih dahulu.
Setelah sistem memberikan konfirmasi, barulah peserta dapat mencetak kartu ujian SKD melalui portal resmi di https://dikdin.bkn.go.id.
BACA JUGA:Kisi-Kisi SKD Sekolah Kedinasan 2025 Lengkap Materinya, Peserta Wajib Tahu!
Dokumen yang Harus Dibawa saat SKD Sekolah Kedinasan 2025
Selain mencetak kartu peserta ujian, calon peserta juga diwajibkan membawa sejumlah dokumen pendukung saat proses registrasi.
Berdasarkan laman resmi SPMB STIS, berikut adalah daftar dokumen yang harus disiapkan:
- KTPUM Politeknik Statistika STIS di portal spmb.stis.ac.id
- Kartu ujian SKD
- KTP elektronik asli atau KTP asli yang masih berlaku atau Surat Keterangan Pengganti KTP yang masih berlaku atau Kartu Keluarga asli atau Kartu Keluarga yang mempunyai Barcode atau salinan kartu keluarga yang dilegalisir basah oleh pejabat yang berwenang.
BACA JUGA:Ini Materi dan Nilai Ambang Batas SKD Sekolah Kedinasan 2025, Peserta Wajib Tahu!
Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2025
Berikut jadwal lengkap seleksi Sekolah Kedinasan 2025 yang wajib diketahui peserta:
- Pengumuman Seleksi: 28 Juni-12 Juli 2025
- Pendaftaran Seleksi: 29 Juni-18 Juli 2025
- Seleksi Administrasi: 29 Juni-21 Juli 2025
- Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 22-24 Juli 2025
- Pemrosesan dan Penyampaian Kode Billing PNBP melalui akun SSCASN: 25-27 Juli 2025
- Pembayaran Kode Billing PNBP: 28 Juli-1 Agustus 2025
- Validasi Data Peserta yang Membayar PNBP: 2-3 Agustus 2025
- Penyusunan Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): 4-6 Agustus 2025
- Pengumuman Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (Lokasi, Waktu, dan Sesi Ujian Peserta): 5-10 Agustus 2025
- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar: 11-26 Agustus 2025
- Pengolahan Nilai SKD: 23-29 Agustus 2025
BACA JUGA:Calon Taruna dan Praja, Pendaftaran Sekolah Kedinasan Sudah Bisa Diakses di Portal BKN!
- Pengumuman Hasil SKD: 27-31 Agustus 2025
- Pemrosesan dan Penyampaian Kode Billing PNBP melalui akun SSCASN apabila Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN: 1-2 September 2025
- Pembayaran PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN: 3-7 September 2025
- Validasi Data Peserta yang Membayar PNBP Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN: 8-9 September 2025
- Penjadwalan Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN: 10-11 September 2025
- Pengumuman Jadwal Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN (Lokasi, Waktu, dan Sesi Ujian Peserta): 12-14 September 2025
- Pelaksanaan Seleksi Lanjutan dengan CAT BKN: 15-16 September 2025
- Pelaksanaan Seleksi Lanjutan Non CAT BKN: 28 Agustus-16 September 2025
- Pengumuman Kelulusan Akhir oleh Kementerian/Lembaga: 7-28 September 2025
- Penyampaian Laporan Hasil Pelaksanaan Seleksi Sekolah Kedinasan ke BKN melalui SSCASN: 7 September-6 Oktober 2025