JAKARTA, DISWAY.ID - Hari Pelanggan Nasional (HarPelNas) diperingati tanggal 4 September setiap tahunnya.
Hari Pelanggan Nasional ini selalu menjadi momen penting untuk dunia usaha di Indonesia.
Selain itu, peringatan tersebut juga mengingatkan bahwa keberhasilan sebuah bisnis tidak bisa lepas dari peran serta kepercayaan dari pelanggan.
BACA JUGA:Tema dan Rangkaian Peringatan Maulid Nabi 2025 Resmi Kemenag
Setiap tahunnya, peringatan Hari Pelanggan Nasional juga sering dirayakan dengan tema khusus yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Tak hanya ada perusahaan besar, namun berbagai pelaku usaha kecil pun ikut merayakannya.
Ada banyak cara untuk merayakan peringatan ini, mulai dari berbagi promo serta kegiatan kreatif yang bisa mendekatkan bisnis dengan konsumen/pelanggan.
Nah, untuk mengetahui informasi mengenai peringatan Hari Pelanggan Nasional, antara lain:
Sejarah Hari Pelanggan Nasional
Melansir dari situs resminya, Hari Pelanggan Nasional (HarPelNas) ini pertama kalinya dicetuskan oleh CEO Frontier Group Handy Irawan D pada tahun 2003.
BACA JUGA:Makna Logo dan Tema Hari Pramuka 14 Agustus 2025, Peringatan ke-64 Tahun
Ide ini juga didukung oleh banyak pihak, baik dari perusahaan swasta, BUMN hingga pemerintah.
Pada tanggal 4 September 2003, peringatan ini akhirnya diresmikan oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.
Acara peresmian tersebut dihadiri sekitar 200 jajaran direktur utama dari berbagai perusahaan dan direktur BUMN.
Walaupun pencetusnya adalah CEO Frontier, HarPelNas ini bukan hanya milik Frontier, melainkan juga milik nasional.
Hal ini bertujuan agar dapat terciptanya ekosistem bisnis di mana pelanggan merasa puas, loyal, perusahaan maju hingga akhirnya negara juga turut ikut maju.