Hari Pelanggan Nasional 2025, 6 dari 10 Orang Konsumen Pernah Kesulitan saat Belanja Online
Untuk menjawab keresahan tersebut, Blibli menghadirkan kampanye #NoBlablaDiBlibli yang menawarkan jaminan produk asli, kepastian pengiriman tepat waktu, perlindungan lengkap, hingga kemudahan retur tanpa syarat.--Istimewa
JAKARTA, DISWAY.ID – Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2025 menjadi momentum penting untuk kembali menegaskan bahwa kepuasan Pelanggan adalah inti dari setiap layanan.
Tahun ini, Harpelnas mengusung tema “ThinkCustomer” yang mendorong pelaku usaha lebih peka terhadap kebutuhan dan pengalaman konsumen.
Dalam konteks belanja online, survei kumparan yang dilakukan pada Juli–Agustus 2025 menemukan fakta mengejutkan: 6 dari 10 konsumen Indonesia pernah mengalami kendala saat berbelanja online.
Menariknya, 64% di antaranya mengaku masalah justru terjadi setelah checkout, mulai dari keterlambatan pengiriman, kesulitan melacak pesanan, hingga layanan pelanggan yang kurang responsif.
“Kepercayaan pelanggan adalah energi utama bagi kami untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan yang relevan. Kedekatan bagi ekosistem Blibli Tiket bukan hanya soal kanal yang terhubung, tetapi juga kepekaan merespon keresahan konsumen, memberi kepastian, dan menghadirkan rasa tenang dalam setiap langkah perjalanan belanja mereka,” ujar Nazrya Octora, Head of Public Relations Blibli.
BACA JUGA:Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Bank Raya Tebar Beragam Promo dan Program Loyalty
Tantangan Pasca-Pembelian
Survei yang sama juga mencatat, 91% konsumen pernah menghadapi masalah setelah pembelian selesai.
Mulai dari produk tidak sesuai (48%), keterlambatan pengiriman (41%), hingga barang rusak atau cacat (32%).
Fakta ini menegaskan bahwa kepuasan pelanggan tidak berhenti di tombol checkout, tetapi justru diuji pada fase setelahnya.
Untuk menjawab keresahan tersebut, Blibli menghadirkan kampanye #NoBlablaDiBlibli yang menawarkan jaminan produk asli, kepastian pengiriman tepat waktu, perlindungan lengkap, hingga kemudahan retur tanpa syarat.
Sementara itu, tiket.com sebagai bagian dari ekosistem Blibli Tiket, fokus memberi ketenangan pada sektor perjalanan.
Layanan Flight Disruption Protection misalnya, secara otomatis memberi kompensasi jika terjadi penundaan atau pembatalan, tanpa proses klaim rumit.
Melalui sinergi Blibli, tiket.com, Ranch Market, dan Dekoruma, ekosistem Blibli Tiket menawarkan pengalaman belanja yang lebih dari sekadar transaksi.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber:
