Buntut Kasus Tumbler Tuku! Etika dan Cara Lapor Barang Tertinggal di KRL, Wajib Patuhi Prosedur

Kamis 27-11-2025,13:15 WIB
Reporter : Adinda Salsabila
Editor : Adinda Salsabila

BACA JUGA:Imbas Tumbler Tuku Hilang, Karangan Bunga dari Pengguna KRL Banjiri Stasiun dan Kantor Pusat KAI: Bersihkan Nama Baik Argi

Nantinya, penumpang akan diminta untuk mengisi form kehilangan barang dengan menjelaskan secara detail kronologi kejadian dan ciri-ciri barang.

Selain datang ke stasiun terdekat untuk melapor ke petugas passenger service, penumpang juga bisa menghubungi call center di nomor 121 atau WhatsApp 0811-222-33-121 (telepon berbayar), email ke cs@kai.id, hingga media sosial resmi KAI.

Petugas passenger service akan berkoordinasi dengan petugas lain di stasiun atau di dalam Commuterline untuk mencari keberadaan barang.

Jika barang telah ditemukan, maka penumpang bisa langsung mengambilnya di stasiun tujuan akhir perjalanan kereta tersebut.

Melalui Instagram resminya di Instagram @commuterline juga menjelaskan prosedur layanan Lost and Found KAI Commuter sebagai berikut.

1. Jika ada barang tertinggal ditemukan petugas atau pengguna lain, ada beberapa tahap penyerahan ke petugas Lost and Found agar barang bisa aman dikembalikan ke pemiliknya.

2. Petugas Walka atau pengguna lain akan memberikan barang tertinggal kepada petugas Stasioner untuk diserahkan ke Lost and Found

3. Setelah petugas Stasioner stasiun mendapatkan, barang akan diberikan kepada petugas Lost and Found untuk didata terlebih dahulu terkait posisi terakhir barangnya ditemukan

4. Petugas Lost and Found membuat laporannya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pemilik barangnya agar bisa mengambil di Lost and Found atau stasiun terakhir setelah ditemukannya barang tersebut

5. Pengguna yang sudah membuat laporan tertinggal barang akan dihubungi kembali oleh petugas KAI Commuter untuk diinformasikan jika barang ditemukan dan menginformasikan lokasi pengambilan di Lost and Found

Kategori :