Izin Mutasi PNS Sekarang Sudah Gampang, Pakai Aplikasi Sikawan

Izin Mutasi PNS Sekarang Sudah Gampang, Pakai Aplikasi Sikawan

Kemendagri serta pemerintah daerah menggelar bimbingan teknis secara luring dan daring dari Hotel Grand Mercure Jakarta, Kamis 24/3 Maret 2022.-Kemendagri-

JAKARTA, DISWAY.ID--Aplikasi Sistem informasi kepegawaian (Sikawan) akhirnya rampung. Aplikasi ini sudah resmi dan diakui Kementerian Dalam Negeri.

Sikawan merupakan aplikasi untuk membantu layanan administrasi mutasi pegawai negeri sipil (PNS) dari daerah ke Kemendagri, dari Kemendagri ke daerah, maupun mutasi antar-satuan kerja di lingkungan Kemendagri.

Selain itu, aplikasi itu juga membantu pelayanan proses pengurusan izin dan tugas belajar bagi PNS Kemendagri.

BACA JUGA:Sabu 1,196 Ton Ternyata Diproduksi di Afganistan, Krisno: Dikendalikan Sindikat Timur Tengah

Melalui aplikasi tersebut, tata kelola kepegawaian diharapkan dapat lebih bersih, efektif, efisien, transparan, akuntabel, serta mendukung program pemerintah digital melayani.

”Kita tidak bisa bekerja secara manual lagi ibu dan bapak, sekali lagi, kita tidak bisa bekerja secara manual,” kata Kepala Biro Kepegawaian Kemendagri Rahajeng Purwianti dalam keterangannya di Jakarta Kamis 24 Maret 2024.

Rahajeng Purwianti mengatakan di tengah perkembangan teknologi dan merebaknya pandemi Covid-19, ASN dituntut mampu memberikan pelayanan yang lebih cepat, pintar, murah, mudah, dan lebih baik.

BACA JUGA:Pemilu 2024 Kotak Suara dari Kardus, DPR: Kalau Mau Hemat yang Dulu Bisa Dipakai

Karena itu, keberadaan aplikasi Sikawan merupakan bagian dari upaya pemanfaatan teknologi dalam bidang pelayanan publik di tengah industri 4.0.

Pembangunan aplikasi tersebut, menurut Rahajeng juga sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Melalui regulasi tersebut, seluruh instansi pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah didorong agar memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Dengan pemanfaatan itu, pelayanan yang diberikan diyakini dapat berlangsung lebih cepat.

BACA JUGA:Dicopot dari Kursi Komut BUMN, Noel: Kasus Munarman Hanya Pintu Masuk untuk Membungkam Suara Kritis Saya

Namun Rahajeng mengingatkan di tengah laju perkembangan teknologi yang serba cepat, ASN harus tetap bekerja dengan memegang teguh pada integritas dan loyalitas.

 Terlebih saat ini, ASN memiliki core values BerAKHLAK yang lahir untuk menciptakan budaya kerja lebih baik. BerAKHLAK merupakan singkatan dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemendagri