Giorgio Chiellini Pamit, Saksi Hidup Keperkasaan Juventus dalam 1 Dekade yang Berakhir Pahit

Giorgio Chiellini Pamit, Saksi Hidup Keperkasaan Juventus dalam 1 Dekade yang Berakhir Pahit

Kapten Timnas Italia dan Juventus Giorgio Chiellini pamit.-Twitter/@chiellini -Disway.id

TURIN, DISWAY.ID - Siapa yang tak kenal Giorgio Chiellini, sosok paling senior di Juventus. Sang kapten itu akan menjadi legenda hidup mengakhiri pengabdiannya di klub yang bermarkas di Turin, Italia. 

Juventini-sapaan akrab fanatisme tim berjuluk La Veccia Signora akan kehilangan sosok sang kapten yang dikenal trengginas di jantung pertahanan. Giorgio Chiellini pamit.

Ya, Giorgio Chiellini memutuskan untuk pergi setelah 17 tahun mengadi di tim yang tahun ini tanpa gelar setelah melewati satu dekade berhasil merajai Serie A Italia, Coppa Italia.   

BACA JUGA:Final Coppa Italia: 2 Hadiah Penalti Bawa Inter Milan Juara

Lengkap sudah pengabdian Giorgio Chiellini di kancah sepakbola eropa. Ia kapten Timnas Italia yang tampil menjadi kampiun di Piala Eropa, hanya Liga Champions yang belum pernah ia rasakan.  

”Saya memberi jalan kepada anak-anak, karena tahun depan saya tidak akan berada di sini. Pada hari Senin saya akan mengucapkan selamat tinggal pada stadion saya, dan Fiorentina akan menjadi pertandingan terakhir saya,” ucap Chiellini dalam postingan resmi Juventus Kamis 12 Mei 2022.

”Saya mengucapkan selamat tinggal dengan sukacita kepada tim ini, di mana saya akan menjadi penggemar terbesarnya, karena Juve akan selalu bersama saya,” tutup Chiellini. 

Chiellini merupakan 1 dari sedikit pemain yang bertahan walau Juventus terdegradasi ke Serie B karena kasus calciopoli. Simbol kebangkitan Juventus saat meraih 9 scudetto beruntun. Siapa lagi yang akan menyusul Chiellini, legenda hidup Juventus.

BACA JUGA:Jordi Amat dan Sandy Walsh Datang, Shin Tae-yong Traktir Durian Timnas U-23 di Vietnam  

Chiellini ditandatangani oleh Juventus pada musim panas 2004 seharga €6,5 juta dari Livorno.

Sayangnya ia dijual kembali dalam kesepakatan kepemilikan bersama ke Fiorentina seharga €3,5 juta, dan bermain di tim Florentine selama musim Serie A 2004-05.

Dia melakukan debut untuk tim nasional Italia pada 17 November 2004 melawan Finlandia di bawah asuhan Marcello Lippi. 

Saat itu usianya menginjak 20 tahun. Chiellini menjadi pemain utama bagi timnas Italia sejak tahun 2007.

BACA JUGA:Drama 1 Menit Selamatkan Genoa dari Degradasi Usai Taklukan Juventus

Sumber: