Polda Metro Bocorkan Kabar Pemanggilan Ruhut Sitompul? Kombes Pol Endra Zulpan Buka Suara

Polda Metro Bocorkan Kabar Pemanggilan Ruhut Sitompul? Kombes Pol Endra Zulpan Buka Suara

, Ini Jawaban Keras Roy Suryo saat Diminta Kawal Kasus Ruhut Sitompul--Instagram/@ruhutp.sitompul

JAKARTA, DISWAY.ID - Polisi segara usut kasus dugaan rasis yang dilakukan politisi Ruhut Sitompul terkait unggahan meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Mengenai hal itu, Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berencana untuk menjadwalkan pemeriksaan terhadap saksi pelapor dan Ruhut Sitompul dalam waktu dekat.

"Nanti setelah ini ya (jadwal pemanggilan), karena beberapa pejabat Direktur Reserse baru saja melaksanakan serah terima jabatan. Setelah ini akan kita agendakan (pemanggilannya) ya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, pada Jumat 13 Mei 2022.

Lanjut Zulpan, lapora terhadap Ruhut Sitompul memang sudah diterima oleh penyidik dan sedang dalam pendalaman lebih lanjut.

 BACA JUGA:Timnas Indonesia Lumat Filipina 4-0, Lolos Penyisihan Group A Sea Games 2021 Vietnam

"Dengan adanya laporan ini, nanti penyidik Polda Metro Jaya akan mempelajari dulu terkait dengan laporan yang sudah kita terima," tukasnya.

Laporan kasus terhadap Ruhut Sitompul telah teregister dengan nomor laporan LP/B/2299/SPKT/Polda Metro Jaya pada 11 Mei 2022.

Pelapor kasus ini adalah Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega M.S Keliduan atau Mega. Ia diduga tersinggung dengan postingan Ruhut mengenai meme tersebut yang dinilai rasis.

 BACA JUGA:Ibu Baca Chat WhatsApp Anak, Kasus Pencabulan Terungkap

Dalam kasus ini, Ruhut Sitompul dilaporkan dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik (ITE).

Di siis lain, Pakar telematika Roy Suryo juga telah diminta oleh Petrodes Mega Keliduan atau Mega untuk mendampingi atau kawal kasus Ruhut Sitompul terkait unggahan editan foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Roy Suryo kemudian bercerita jika awalnya dihubungi Mega melalui aplikasi WhatsApp (WA).

 BACA JUGA:Cadangan Devisa April 2022 Turun USD 3,4 Miliar

"Siap abang, ini akun tweeter saya bang, jika berkenaan bantu di promosi bang, saya besok ada acara pelantikan di SUMBAR, setelah balik, jika abang bekernaan, Abang dampingi saya ke POLDA METRO JAYA bang," tulis isi pesan yang diunggah oleh Roy Suryo.

Roy Suryo kemudian mengaku siap mendampingi Mega di Polda Metro Jaya.

“Satu kata saja: Siap. Dukung #TangkapRuhutSitompul,” tulis Roy Suryo, dikutip dari akun Twitter @KRMTRoySuryo2, pada 13 Mei 2022.

Ruhut minta maaf

Ruhut Sitompul akhirnya angkat bicara di media sosial Twitter-nya, ia berikan jawaban untuk publik yang tela menghujatnya usai dituding lecehkan Anies Baswedan melalui unggahan foto.

 BACA JUGA:Penjualan 1.300 Benih Lobster Ilegal di Puger Berhasil Digagalkan, Polisi Ungkap Modus Pelaku

Dalam unggahannya Ruhut masih merasa heran karena banyak publik yang menghujat walaupun tidak tau secara jelas inti permasalaannya.

Ruhut juga meminta maaf karena telah membuat gaduh, ia pun mengakui jika manusia merupakan tempatnya salah.

"Taunya Aku dihujat habis2an tapi apa mau dikata apalagi yg hujat pada tdk ta’u permasalahannya tapi Aku harus berhikmat dan untuk semua yg masih marah2 Ma’afkan Aku Manusiah yg tdk luput dari kesalahan MERDEKA," ujarnya di Twitter @ruhutsitompul, pada 13 Mei 2022.

Sumber: