Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin

Jangan Diremehkan, Ini 5 Manfaat Minum Air Hangat Secara Rutin--Pixabay

Minum air hangat secara rutin bermanfaat menenangkan saraf. Air putih hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat di tubuh kamu. Rasa hangat yang ditimbulkan dipercaya bisa memberikan sensasi relaks.

4. Melegakan Sakit Tenggorokan

Untuk mendapatkan manfaat minum air hangat ini, kamu juga dapat berkumur terlebih dahulu dengan setengah sendok teh garam dapur yang ditambahkan ke dalam secangkir air hangat.

Rasa sakit pada tenggorokan umumnya disertai peradangan dan pembengkakan pada dinding tenggorokan. Air garam hangat dapat mengurangi pembengkakan, sehingga tenggorokan terasa lebih lega.

BACA JUGA:Pilu! Driver Ojol dan Istrinya Tewas Ditubruk Pajero di MT Haryono, Nyawa Balita Berhasil Tertolong

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Air dingin diyakini menyebabkan lemak lebih mudah menggumpal dan sulit dicerna, sementara air hangat memiliki fungsi sebaliknya. Peranan air hangat ini dapat mempermudah proses pencernaan hingga proses pengeluaran zat sisa (feses).

Air putih hangat turut membantu usus berkontraksi. Ketika hal itu terjadi, racun dan sisa makanan yang terperangkap di usus bisa keluar dari dalam tubuh. Jadi, saat kamu mengalami sembelit, air hangat dapat menjadi salah satu solusi yang dipilih.

Mitos atau fakta minum air hangat bisa membantu bersihkan saluran pencernaan

Dikutip dari alodokter, kabarnya minum air hangat yang dicampur garam tanpa yodium dapat membantu proses pembuangan racun atau detoksifikasi tubuh. Air garam hangat ini disebut memiliki efek laksatif, sehingga bisa membuat tubuh lebih cepat buang air besar.

Cara ini dipercaya dapat membersihkan saluran cerna dari racun dan parasit serta mencegah dan mengobati sembelit.

Faktanya, efektivitas manfaat air garam hangat ini masih diragukan. Konsumsi air garam hangat memang bisa membantu merangsang gerakan usus, sehingga dapat membantu mengatasi dan mencegah sembelit.

BACA JUGA:Penyebar Hoax Tsunami di Pesisir Telukbetung Selatan Ditangkap Saat Mabuk

Namun, belum ada bukti ilmiah yang dapat memastikan efektivitas minuman ini untuk mendetoksifikasi tubuh atau menyingkirkan limbah, racun, dan parasit dari saluran pencernaan.

Minum air hangat asin saat perut kosong juga dapat memberi dampak tidak baik, seperti mual, muntah, kembung, hingga dehidrasi. Terlebih lagi, minuman ini dapat meningkatkan risiko kelebihan natrium yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan tidak aman bagi penderita penyakit jantung dan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: