Banjir Kepung Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan

Banjir Kepung Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan

Tim reaksi cepat BPBD membantu evakuasi warga yang terkena banjir dengan menggunakan perahu karet Kamis 26 Mei 2022. -BPBD Kabupaten Tabalong.-Disway.id

Wilayah terdampak tersebut meliputi Kelurahan Belimbing Raya, Kelurahan Mabu'un di Kecamatan Murung Pudak, Desa Kaong, Desa Pangelak, Desa Kinarum di Kecamatan Upau, Desa Marindi dan Desa Wirang di Kecamatan Haruai. 

BACA JUGA:Tanggul Pelabuhan Tanjung Emas Jebol, Waspada Banjir Meluas di Pantura, Ganjar Siapkan Posko Darurat

Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa, dan total kerugian masih dalam proses pendataan lebih lanjut.

Menurut monitoring prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Provinsi Kalimantan Selatan pada esok hari 27 Mei hingga lusa 28 Mei masih berpeluang hujan ringan hingga sedang pada sore hingga malam hari.

Berdasarkan analisa InaRisk, Kabupaten Tabalong memiliki risiko bencana banjir tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 12 kecamatan.

Sebagai antisipasi adanya banjir susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca ekstrem, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan juga masyarakat melakukan upaya pencegahan. 

Termasuk kesiapsiagaan terhadap bahaya hidrometeorologi basah misalnya susur sungai antisipasi banjir bandang oleh petugas, normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), pembersihan lingkungan di sepanjang aliran sungai dan selokan.  

“Apabila hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi berlangsung secara menerus selama lebih dari 1 jam, maka masyarakat di sekitar lereng tebing dan di dekat sungai diminta untuk waspada dan mengungsi ke lokasi yang lebih aman jika diperlukan,” terang Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: