BMKG: Menghimbau Masyarakat Waspada Gelombang Sangat Tinggi Hingga 6 Meter

BMKG: Menghimbau Masyarakat Waspada Gelombang Sangat Tinggi Hingga 6 Meter

Sejumlah kendaraan mengantri di dermaga eksekutif Pelabuhan ASDP Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten, Senin 4 April 2022-Syaiful Amri/Disway.id-

JAKARTA, DISWAY.ID  - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 4 - 5 April 2022.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan

angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Selatan

dengan kecepatan angin berkisar 5 - 15 knot. 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Selat

Sunda, perairan utara Papua Barat, dan Samudra Pasifik Utara Papua Barat.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh - Kepulauan Mentawai, perairan P. Enggano - Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan. 

Selanjutnya perairan selatan Jawa Timur - NTT, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa Timur - NTT, perairan utara Kepulauan Talaud.

Begitu pula dengan kondisi perairan Bitung - Likupang, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat - Papua, Samudara Pasifik Utara Halmahera - Papua.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.50 - 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, perairan utara Subi - Serasan, perairan barat Lampung.

Kewaspadaan juga perlu untuk wilayag Selat Sunda, perairan selatan Banten, Samudra Hindia Barat Sumatera, Samudra Hindia Selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat - Tengah.

Sedangkan, untuk gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4.0 - 6.0 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara.

Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti Perahu Nelayan(Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

Begitu pula dengan Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m). 

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg