Mahasiswa Aksi Demo di Depan Pertamina Gedebage, Tolak Kenaikan BBM

Mahasiswa Aksi Demo di Depan Pertamina Gedebage, Tolak Kenaikan BBM

Mahasiswa melakukan aksi demo tolak kenaikan BBM, Kamis 7 April 2022-Jabar Ekspres-

BANDUNG, DISWAY.ID-Puluhan mahasiswa melakukan aksi demo tolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Depo Pertamina Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta Kota BANDUNG, Kamis 7 April 2022.

Puluhan mahasiswa yang ikut dalam demo tolak kenaikan harga BBM tersebut tergabung dalam Forum Aksi Mahasiswa Bandung Raya.

Aksi tersebut menyusul kebijakan pemerintah untuk menaikan harga BBM pada 1 April 2022 lalu.

Puluhan mahasiswa tersebut memulai aksinya dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Kota Bandung. 

Kemudian rombongan mahasiswa berjalan menuju Depo Pertamina Gedebage di Jalan Soekarno-Hatta.

Dalam aksinya, mahasiswa membawa sejumlah spandung dan poster dengan berbagai tulisan. “BBM, Bisa-Bisa Miskin. BBM Dikendalikan oleh Oligarki.”

Sementara itu Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, ditayangkan Youtube Sekretariat Negara, Rabu 6 April 2022 mengatakan, tidak mungkin pemerintah tak menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). 

Kenaikan ini disebabkan karena ekonomi global yang sedang bergejolak, utamanya lonjakan inflasi yang terjadi di hampir di semua negara.

"Enggak mungkin kita tidak menaikkan yang namanya BBM, nggak mungkin. Oleh sebab itu kemarin naik pertamax," kata Jokowi.

Amerika misalnya, saat ini inflasinya sudah mencapai angka 7,9 persen. Padahal, biasanya di bawah angka 1. 

Inflasi di Uni Eropa yang biasanya di kisaran angka 1 juga naik, masuk ke angka 7,5 persen. Turki bahkan telah mencapai angka inflasi hingga 54 persen. 

Oleh karenanya, kata Jokowi, pemerintah terpaksa menaikkan harga BBM. "Ini angka-angka seperti ini akan membawa kita yang saya kira sudah kita tahan-tahan agar tidak terjadi kenaikan, tetapi saya kira situasinya memang tidak memungkinkan," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: