Disambut Zelensky di Ukraina, Jokowi Ungkap Kesedihan yang Terjadi di Kota Irpin

Disambut Zelensky di Ukraina, Jokowi Ungkap Kesedihan yang Terjadi di Kota Irpin

Presiden Joko Widodo langsung disambut oleh Presiden Volodymyr Zelensky setibanya di Istana Maryinsky, Ukraina, pada hari ini, Rabu (29/6). (Dok. Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)-Istimewa-Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA, DISWAY.ID - Kehadiran Presiden Joko Widodo di Ukraina langsung disambut oleh Presiden Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, pada hari ini, Rabu 29 Juni 2022.

Biro Pers Sekretariat Presiden RI melaporkan, bahwa Zelensky menyambut Jokowi di pintu masuk istana sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

"Setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pertemuan tete-a-tete," demikian pernyataan Setpres dikutip Rabu 29 Juni 2022.

BACA JUGA:Kronologi 2 Pria Muslim Penggal Warga Hindu India yang Hina Nabi Muhammad

Dalam lawatannya ke Ukraina, Jokowi menyempatkan diri berkunjung ke kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin.

"Sangat menyedihkan sekali, banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," kata Jokowi dalam rilis pers dari Biro Pers.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkapkan seruan agar tak ada lagi kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

"Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang," lanjutnya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushi.

"Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang," tutur Jokowi.

Jokowi juga didampingi ibu negara Iriana Jokowi, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, pun Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Irpin memang merupakan salah satu kota yang digempur habis-habisan oleh Rusia beberapa bulan lalu. Kota itu terletak di pinggiran Ibu Kota Ukraina, Kyiv.

Dalam kunjungan ini, Jokowi membawa misi perdamaian di tengah perang antara Ukraina dan Rusia yang hingga kini masih berkecamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: