Alasan Iduladha Indonesia Beda Waktu dengan Arab Saudi

Alasan Iduladha Indonesia Beda Waktu dengan Arab Saudi

Sidang Isbat Kemenag 2022. Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada Ahad 10 Juli 2022----

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Agama (Kemenag) angkat bicara mengenai alasan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah di Indonesia berbeda dengan Arab Saudi.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Adib menjelaskan, perbedaan waktu Iduladha disebabkan karena letak Arab Saudi lebih barat dari Indonesia, sehingga kemungkinan hilal terlihat lebih dahulu di sana.

"Waktu di Indonesia lebih cepat 4 jam, tetapi hilal justru mungkin terlihat lebih dahulu di Arab Saudi, karena terlihatnya di sebelah barat pada saat matahari terbenam atau dikenal dengan istilah ghurub asy-syams," kata Adib dalam keterangan resmi, Jumat 1 Juli 2022.

BACA JUGA:Pidato Lengkap Putin saat Bertemu Jokowi, Singgung Investasi IKN

"Semakin ke barat letak geografis suatu negara, maka posisi hilal semakin cepat terlihat," sambungnya.

Menurut Adib, pandangan yang menyebut Indonesia seharusnya bisa merayakan Hari Raya Iduladha lebih dulu ketimbang Arab Saudi karena memiliki waktu lebih cepat 4 jam keliru.

"Jelas pemahaman ini kurang tepat," ujarnya.

Adib memaparkan, ketinggian hilal pada akhir bulan Zulkaidah di Indonesia adalah antara 0 derajat 53 menit sampai 3 derajat 13 menit dengan elongasi antara 4,27 derajat sampai 4,97 derajat. 

"Pada tanggal yang sama, posisi hilal di Arab Saudi lebih tinggi dari Indonesia. Jadi kemungkinan hilal terlihat di Arab Saudi sangat besar," terangnya.

BACA JUGA:Konflik Agama di India Memanas, PM Modi Terancam Dibunuh!

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan Hari Raya Iduladha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. 

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal bulan Zulhijah 1443 H yang dipimpin langsung Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Rabu 29 Juni 2022 malam.

Ketetapan ini berbeda dengan Arab Saudi yang menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: