Waspada Aki Mobil Meledak, Simak Tips Penggunaannya di Kendaraan

 Waspada Aki Mobil Meledak, Simak Tips Penggunaannya di Kendaraan

Gas Hidrogen adalah salah satu gas yang mudah terbakar ketika dekat dengan titik api yang memungkinkan menjadi penyebab aki mobil meledak.-gs -

Sedangkan contoh faktor eksternal yang biasanya ditemukan pada ledakan aki saat menyalakan mesin mobil terjadi ketika kutub-kutub aki dan kabel kotor.

BACA JUGA:Klasemen dan Hasil Laga Piala AFF U19 2022, Indonesia Terpaut 2 Angka dari Vietnam-Thailand

BACA JUGA:Tegas! Ten Hag Buat Perturan Ketat di Manchester United, Pemain Dilarang Mengeluh

Kotoran itu menghambat jalannya arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api. Jadi kebiasaan untuk mengecek dan membersihkan aki secara teratur sangat menguntungkan.

Selain itu, kebiasan men-jumper yang kurang tepat juga menjadi suatu hal yang riskan. Kebanyakan pengendara salah kaprah dengan memasang kabel jumper ke aki yang bagus, kemudian menyambungkan ke aki yang lemah.

Hal ini bisa menyebabkan timbulnya percikan api, untuk itu biasakan untuk memasang kabel jumper pada aki yang lemah terlebih dahulu, sebelum disambungkan ke aki yang bagus.

BACA JUGA:Ungkap Pelaku Pembunuhan Berencana di Tambora, Polisi Temukan Fakta Mengejutkan

BACA JUGA:Datang Pakai Pesawat Pribadi dan Dijemput Rubicon Putih, Pogba Resmi Gabung Juventus

Atmahadi menambahkan, penyebab yang lainnya adalah tersumbatnya lubang vent plug battery, dimana lubang tersebut bertindak sebagai safety valve saat tekanan di dalam aki meningkat akibat terbentuknya uap air atau gas hidrogen-oksigen akibat proses hidrolisis air saat proses charging berlangsung.

Jika terjadi kondisi kotor di vent plug, maka potensi tersumbatnya vent plug akan semakin besar. 

Kebiasan memeriksa aki secara rutin juga akan sangat mempengaruhi usia pakai dan kinerja aki.

Berikan perhatian lebih untuk memerika kebocoran elektrolit, korosi konektor, keretakan pada tutup atau kotak aki dan kerenggangan pada komponen aki serta jangan lupa untuk membersihkan pula kutub-kutub aki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

Berita Terkait