Detik-Detik Pemakaman Kembali Brigadir J Dengan Upacara Kedinasan

Detik-Detik Pemakaman Kembali Brigadir J Dengan Upacara Kedinasan

Setelah autopsi ulang Brigadir J selesai, jenazah almarhum dilakukan pemakaman secara kedinasan di TPU Sungai Bahar, Muaro Jambi. Foto : JAMBIEKSPRES.DISWAY.ID/DNN--

Sejak pukul 07:20 semua tim forensik telah berada di RSUD Sungai Bahar.

Proses autopsi ini juga dihadiri langsung oleh tim pengacara keluarga Brigadir J. Kamarudin Simanjuntak terlihat memantau keberlangsungan autopsi di sekitar RSUD Sungai Bahar.

Kamarudin mengaku dirinya juga minta kepada tim forensik melakukan pemeriksaan alat vital dan dubur almarhum Brigadir J.

"Saya juga ajukan pemeriksaan alat vital, dubur. Jadi jangan sampai ada yang terlewatkan. Dari ujung rambut dan kaki kami minta diperikasa," imbuhnya. 


Pemakaman Brigadir J dilakukan secara kedinasan dari tim Polri di TPU Sungai Bahar. (Foto : Syafwan/Jambi Ekspres)--

Terkait hasil autopsi ulang ini, Ketua kuasa hukum keluarga Brigadir Joshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak mengakui belum mengetahui pasti kapan hasilnya akan keluar. "Waktu pasti, kita tidak bisa memastikan," katanya.

BACA JUGA:Tembakan Jarak Dekat Jadi Petunjuk Komnas HAM Ungkap Kematian Brigadir J

Yang jelas, kata Kamaruddin, ketika autopsi sudah selesai hasil autopsi ulang akan diberikan kepada penyidik.

Namun pihaknya juga meminta supaya  diberikan semacam transparansi karena hal ini berkaitan dengan Undang-undang tentang transparansi informasi publik.

Kemudian Kamaruddin mengaku, dirinya juga bertanya siapa yang berkuasa atas hasil autopsi ini nantinya?. Dijawab oleh pihak Forensik yang menguasai dan menyimpan adalah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. "Di RSCM karena dia juga yang mengetuai tim forensik ini," kata Kamaruddin.

Lalu selanjutnya, ia bertanya  siapa saja pengguna hasil autopsi ini, yang dijawab penggunannya adalah penyidik perkara yang kita laporkan.

"Dari media yang kita baca ada tiga perkara dalam hal ini, yakni ada laporan dari kadiv propam nonaktif, laporan versi ibu putri dan laporan keluarga yang kami wakili," pungkasnya. 

(Artikel ini telah tayang di jambiekspres.co.id dengan judul Pemakaman Jenazah Brigadir J Dilakukan dengan Upacara Kedinasan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: