Bakul Festival Jakarta 2022, Oblok Bebek Jadi Menu Pilihan

Bakul Festival Jakarta 2022, Oblok Bebek Jadi Menu Pilihan

Bakul Festival Jakarta 2022.-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY. ID-- Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara baru menggelar Festival Kuliner Nusantara atau bisa juga disebut Barista dan Kuliner (Bakul) Festival Jakarta 2022.

Festival yang diadakan di Plataran Mall Artha Gading, pada 27 – 28 Agustus 2022 lalu itu diikuti oleh 32 peserta yang mana 70 persennya terdiri dari UMKM Binaan atau Jakpreneur Jakarta Utara. 

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara, Wiwik Satriani menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dibuat untuk membangkitkan kembali UMKM, khususnya di Jakarta Utara. 

BACA JUGA:Cakung Terbakar, 105 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

"Setelah pandemi mereda, kita melihat banyak UMKM yang mencoba bangkit. Tentunya ini menjadi hal yang positif dan harus kita dukung penuh, apalagi jika kulinernya makanan Indonesia," ujar Wiwik Satriani dalam keterangan tertulisnya yang didapati Disway.id, Senin, 29 Agustus 2022.

Tidak hanya itu, Wiwik juga berkeinginan untuk membangkitkan perekonomian warga di Jakarta Utara. 

"Selain membantu meningkatkan perekonomian, kuliner Indonesia juga bisa semakin dikenal banyak orang," imbuhnya. 

Salah satu makanan Indonesia yang menjadi yang diperkenalkan pada festival tersebut, yakni Oblok Bebek. Oblok Bebek sendiri adalah makanan khas Betawi yang terdiri dari berbagai macam rempah khas Indonesia. 

Tentunya pemilihan menu tersebut bukan tanpa alasan, Wiwik memilih Oblok Bebek karena menurutnya makanan tersebut sudah susah sekali ditemukan di Jakarta. 

"Pemilihan menu ini tentunya salah satu bentuk usaha untuk memperkenalkan makanan khas daerah Jakarta," jelasnya. 

BACA JUGA:Presiden Bersama Habib Luthfi Lepas Kirab Merah Putih di Depan Istana

Oleh karena itu, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara juga mengadakan lomba memasak Bebek Oblok yang dijurikan oleh Chef dari Indonesia Chef Association. Adapun pesertanya yang ikut sebanyak 18 grup Ibu-Ibu PKK dari 6 Kecamatan Jakarta Utara. 

"Salah satu identitas suatu bangsa atau daerah adalah kulinernya. Bebek Oblok ini adalah salah satu masakan khas Jakarta Utara yang sebenarnya enak, tapi belum banyak yang tahu," ujar Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.

"Diharapkan dengan adanya festival ini, semakin banyak khalayak yang kenal. Dengan demikian, semakin banyak juga yang menjadikan Bebek Oblok ini sebagai ladang bisnis. Jika perlu, menu ini kita daftarkan di HAKI sebagai masakan kuliner khas daerah,” lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: