Dekranasda DKI Jakarta Ajak Pengrajin Gabung di Dewan Kerajinan Nasional

Dekranasda DKI Jakarta Ajak Pengrajin Gabung di Dewan Kerajinan Nasional

DEKORATIF Setelah proses pengukiran selesai para pengrajin langsung melakukan proses pengecatan.-Julian Romadhon-

JAKARTA, DISWAY.ID - Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati mengajak para perajin untuk gabung di Dewan Kerajinan Nasional Provinsi DKI Jakarta.
 
Melalui acara Dekranasda Week Festival (DWF) 2022, Fery mengatakan bahwa jika para perajin belum terdaftar, mereka bisa langsung mendaftar secara online.
 
"Kita sudah memiliki data base secara digital terkait perajin-perajin yang ada di Dekranasda DKI Jakarta. Jadi kalau misalkan perlu datanya, kita ada secara digital," ujar Fery Farhati yang merupakan istri dari Gubernur DKI Jakarta saat konferensi pers DWF 2022 di Main Atrium Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu, 31 Agustus 2022.
 
"Para perajin yang ingin mendaftar itu bisa, perajin bisa mendaftar secara online untuk menjadi anggota Dekranasda DKI Jakarta, langsung terekan dalam sistem informasi perajin dan kalau disini perajin yang belum mendaftar, silahkan mendaftar," lanjutnya.
 
 
Adapun cara pendaftarannya bisa dilakukan secara online yaitu melalui akun resmi Instagram @dekranasdadkijakarta. Pada bagian bio akun tersebut, akan ada link yang mengarahkan para perajin untuk mendaftar ke Dewan Kerajinan Nasional Provinsi DKI Jakarta.
 
"Pendaftarannya bisa melalui online, alamat websitenya ada di Instagram @dekranasdadkijakarta, bisa dilihat bagaimana caranya (pendaftaran) disitu," ucap Fery dihadapan awak media.
 
Sedangkan untuk syaratnya, Fery menjelaskan bahwa para perajin harus berdomisili di DKI Jakarta dan memiliki workshop.
 
"Kemudian syarat-syaratnya, mereka harus berdomisili (Jakarta), memiliki workshop atau punya galeri di wilayah DKI Jakarta atau Kepulauan Seribu," imbuhnya.
 
Lebih lanjut, Fery mengatakan bahwa terdapat persyaratan terkait dengan kualitas di Dekranasda DKI Jakarta.
 
 
"Pertama mereka masuk ke Dinas PPKUKM untuk mendapatkan pelatihan Jakpreneur kemudian kita minta koordinator wilayah dan dipimpin oleh para ibu Walikota dan mereka itulah yang mengumpulkan para perajin diwilayahnya kemudian didaftarkan ke Dekranasda DKI Jakarta," paparnya.
 
Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Bidang Pemasaran dan Daya Saing Produk Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo. Ia mengatakan bahwa Dekranasda DKI Jakarta mempunya pelatihan di 5 wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu.
 
"Jadi kalau mereka ingin bergabung, mereka bisa datang ke kantor-kantor Walikota atau bahkan kami di Dinas PPKUKM ada Jakpreneur, bisa bergabung di Jakpreneur dan apabila sudah naik kelas, akan bergabung ke Dekranasda," ujar Elisabeth.
 
 
Adapun keuntungan yang didapat untuk para perajin yakni mereka bisa mendapatkan pelatihan oleh orang yang sudah profesional di bidang kerajinan.
 
Tidak hanya itu, mereka juga akan diberikan informasi tentang show casing produk mereka.
 
"Ini adalah wadah bagi mereka (perajin), nanti akan diberikan pelatihan dan informasi untuk show casing produk mereka," tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: