Anies Baswedan Resmikan 1.348 Unit Hunian Untuk Warga Berpenghasilan Rendah

Anies Baswedan Resmikan 1.348 Unit Hunian Untuk Warga Berpenghasilan Rendah

Anies Baswedan saat meresmikan Hunian Warga Berpenghasilan Rendah-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan 1.348 unit hunian Jakhabitat DP Nol Rupiah di Menara Kanaya Nuansa Cilangkap dan Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis, 8 September 2022.

Sebanyak 1.348 unit hunian tersebut terdiri dari 480 unit hunian Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa dan 868 unit hunian Menara Kanaya Nuansa Cilangkap.

Nantinya rumah-rumah tersebut akan menyasar kepada masyarakat yang memiliki penghasilan rendah.

BACA JUGA:Dibantai Napoli, Jurgen Klopp: Rival Menertawakan Kami

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa nantinya rumah tersebut ada yang bebas PBB dan dibagi berdasarkan kelompok penghasilan.

"Bagi yang memiliki hunian di bawah Rp 2 miliyar maka anda bebas PBB, yang huniannya di atas Rp 2 miliyar untuk 60 meter persegi pertama tidak kena pajak," ujar Anies Baswedan saat ditemui media.

"Bagi yang mencari rumah, kita siapkan berdasarkan kelompok penghasilan sehingga ada Rusunami, Rusunawa dan lain sebagainya," tambahnya.

Adapun cara untuk memiliki hunian Jakhabitat DP Nol Rupiah ini, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta, Sarjoko menjelaskan bahwa dilakukan secara online.

BACA JUGA:Analisis Liar Bisa 'Buyarkan' Hasil Tes Lie Detector FS, Brigjen Andi Rian: Semua Fakta Akan Diungkap..

Ia mengatakan bahwa masyarakat bisa mendaftar secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Perumahan Pemukiman (SIRUKIM).

Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga akan terkoneksi dengan aplikasi sistem kependudukan yang dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta serta aplikasi sistem perpajakan yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta.

"Jadi aplikasi ini akan mempermudah para petugas untuk memverifikasi kevalidan administrasi kependudukan dan kepemilikan aset rumah dari para calon penerima manfaat," jelasnya.

Diketahui, sebelumnya Anies juga sudah meresmikan 984 unit hunian Jakhabitat DP Nol Rupiah di tiga lokasi, yaitu Menara Samawa Nuansa Pondok Kelapa, Tower Bunaken Sentraland Cengkareng dan Bandar Kemayoran.

BACA JUGA:Tingkat Keakuratan Pemeriksaan Lie Detector Ferdy Sambo, Kompolnas: Akurasinya di Atas 90 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: