DPRD DKI Jakarta Serahkan 3 Nama Calon Pj Gubernur ke Kemendagri

DPRD DKI Jakarta Serahkan 3 Nama Calon Pj Gubernur ke Kemendagri

DPRD DKI Jakarta Serahkan 3 Nama Calon Pj Gubernur ke Kemendagri-Istimewa/Intan Afrida Rafni-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyerahkan 3 nama calon PJ Gubernur DKI Jakarta ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu, 14 September 2022.

"Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas 3 nama itu hari ini sudah diterima," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi kepada awak media di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Prasetyo mengatakan bahwa penyerahan 3 nama tersebut agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat mengingat dalam waktu sebulan lagi posisi Gubernur akan kosong.

"Saya jelaskan, saya serahkan untuk ditindaklanjuti karena sebelum tanggal 16 Oktober, Pak Anies Selesai," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa nantinya nama-nama yang diserahkan itu akan dicek kembali oleh Kemendagri apakah memenuhi syarat atau tidak.

"Jadi mekanisme apa saya mau tanya kepada beliau dan diarahkan dan dirapatkan oleh 9 instansi terkait untuk membicarakan harus cek betul PJ ini apakah ada masalah atau apa. Setelah itu baru diserahkan ke Presiden," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik dan Media, Kastorius Sinaga. Ia mengatakan bahwa 3 nama tersebut nantinya akan di verifikasi terlebih dahulu oleh pihak Kemendagri.

"Tadikan sudah disampaikan pak Ketua DPRD DKI Jakarta, langsung pada pak sekjen untuk memang kita tampung karena mekanismenya nanti ini akan suanya di verifikasi dahulu persyaratan administrasinya," ujar Kastorius Sinaga.

Ia pun menjelaskan bahwa nantinya mekanisme pemilihan PJ Gubernur DKI Jakarta akan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Mekanismenya nanti bapak Presiden yang memimpin langsung pembahasan bersama lembaga atau kementerian terkait untuk diputuskan karena kewenangannya ada di Presiden," jelasnya.

Meski begitu, saat ini pihak Kemendagri masih belum menentukan nama-nama yang akan diajukan ke Presiden karena masih dalam tahap pembahasan.

Akan tetapi, Kastorius Sinaga menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan kalau akan ada nama yang sama dengan 3 nama calon PJ Gubernur dari DPRD DKI Jakarta.

"Belum saya katakan nama-nama dari Kemendagri. Masih dibahas," katanya.

"Bisa saja sama bisa saja beda nanti kita lihat karena ini baru," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: