Waspada! Cuaca Ekstrem Berlanjut di 32 Provinsi hingga 15 Oktober

Waspada! Cuaca Ekstrem Berlanjut di 32 Provinsi hingga 15 Oktober

Ilustrasi/ Cuaca Ekstrem-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan "potensi cuaca ekstrem masih berlanjut untuk sepekan ke depan 9-15 Oktober 2022.

"BMKG telah mengeluarkan rilis potensi cuaca ekstrem sebelumnya untuk periode 02-08 Oktober 2022, dan berdasarkan analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan," kata Dwikorita dalam keterangannya, Senin 10 Oktober 2022.

Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan sejumlah faktor. 

BACA JUGA:Katulampa Siaga 1, Basarnas Siagakan Personil Antisipasi Banjir di Wilayah Terdampak

Pertama, sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin 

yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan.

Kedua, fenomena Madden Jullian Oscillation (MDO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin.

"Juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," ujar Dwikorita.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 9 - 15 Oktober 2022 di 32 provinsi.

Yakni, Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Riau, Kep. Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:Jebol Gawang Everton, Ronaldo Rayakan Gol ke-700 di Level Klub

Selain itu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Kategori Siaga

Dwikorita mengungkapkan ada pula delapan wilayah yang berkategori siaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: