Banjir Jakarta Surut , Tapi Terjadi Tumpukan Sampah 1.280 Meter Kubik di Pintu Air Manggarai

Banjir Jakarta Surut , Tapi Terjadi Tumpukan Sampah 1.280 Meter Kubik di Pintu Air Manggarai

Ketinggian air di Manggarai siaga 3 dengan ketinggian air 820 cm yang dipenuhi tumpukan sampah.-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan seluruh banjir di Jakarta sudah surut. Dia juga mengatakan warga telah meninggalkan pengungsian.

"BPBD DKI Jakarta memastikan seluruh pengungsi telah kembali ke rumahnya masing-masing karena banjir telah surut," kata Isnawa Adji dalam keterangan tertulis, Senin 10 Oktober 2022.

Isnawa mengatakan pihaknya saat ini fokus membersihkan sisa lumpur dan sampah pasca banjir. Pemprov DKI Jakarta, kata dia, telah melakukan penanganan banjir pada Senin 10 Oktober dini hari dengan cepat.

BACA JUGA:Kenapa Status Kasus Konten Prank KDRT Baim Wong Belum Ada Peningkatan? Polisi Beri Penjelasan Begini

BACA JUGA:Polisi Amankan Kelompok Remaja Diduga Bakal Tawuran di Jagakarsa

"Saya mengucapkan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemprov DKI seperti Dinas Sumber Daya Air, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, PPSU Kelurahan yang juga didukung oleh unsur TNI/POLRI, unsur masyarakat dan lembaga pegiat kebencanaan yang terlibat dalam penanganan banjir kali ini," ujarnya.

Isnawa mengatakan, terjadinya hujan dengan intensitas ekstrem 168,8 mm/hari terjadi kawasan Bogor sejak Minggu, 9 Oktober 2022 malam.

Hal ini, kata dia, membuat ketinggian muka air di Bendung Katulampa naik menjadi 220 cm (Siaga 1/Bahaya) pada Minggu, 9 Oktober 2022 pada pukul 19.16 WIB.

Menurut Fari Andiko sebagai kepala satuan pelaksana tugas Badan Air Jakarta Pusat mengatakan saat ini kondisi pintu air manggarai sudah normal.

BACA JUGA:Politisi Marine Le Pen Cari Masalah, Minta Seluruh Masjid di Prancis Ditutup

BACA JUGA:Cuaca DKI Jakarta Hari Ini, 11 Oktober 2022: BMKG Imbau Warga di 4 Wilayah Ini, Siang sampai Sore Hujan!

Dia mengatakan pagi pada 10 Oktober 2022 berstatus siaga 3 akibat luapan air dari Bendungan Katulampa di Bogor.

Dia mengatakan kondisi pintu air manggarai saat ini sudah berangsur surut dan ketinggian sebelumnya siaga 3 berada di 820 Cm saat ini sudah normal berada di 720 Cm.

Sedangkan kapasitas sampah dari pukul 03.30 sampai 16.00 WIB yang sudah diangkat 1.280 Meter Kubik dan masih terus bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: