BMKG: Jakarta Waspada Banjir, Longsor di Bogor Makan Korban

BMKG: Jakarta Waspada Banjir, Longsor di Bogor Makan Korban

BMKG memberikan peringatan dini terhadap curah hujan yang tinggi di DKI Jakarta dan sekitarnya, Kamis 13 Oktober 2022.-BMKG -Disway.id

Menyikapi hal itu, BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat agar melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan.

Upaya seperti monitoring lereng perbukitan, memastikan tidak ada sumbatan di saluran drainase permukiman dan saluran irigasi dan patroli bersama untuk memantau debit air dan kondisi lereng tebing saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi agar dilakukan secara berkala untuk memininalisir dampak potensi bencana susulan.

"Apabila terjadi hujan dalam durasi lebih dari satu jam, maka masyarakat yang tinggal di bantaran sungai atau di lereng gunung maupun tebing agar mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk sementara waktu," jelasnya.

BACA JUGA:Banjir Jakarta, 177 Jiwa Terdampak 3 Tewas

Pastikan memperoleh perkembangan informasi terkait peringatan dini cuaca dari BMKG dan informasi mengenai penanggulangan bencana dari BNPB, BPBD, TNI, Polri dan lintas instansi lainnya.

Terkait dengan pencarian satu siswi SMP Al Hikmah Kota Depok yang hanyut bersama tiga orang temannya di Curug Kembar Desa Megamendung, Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, kini tim SAR terus melakukan pencarian.

"Empat pelajar yang terdiri dari tiga orang perempuan dan satu orang anak laki-laki terbawa arus. Seorang siswi lagi berinisial A (15) hingga saat ini masih kita lakukan pencarian," ungkap Kapolsek Cisarua, Kompol Supriyanto.

Tim SAR Gabungan sejak Rabu petang melakukan evakuasi dengan menyusuri air Curug Kembar yang merupakan aliran Sungai Ciliwung. Tapi pencarian sempat dihentikan pada malam hari dan dilanjutkan Kamis pagi.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, Belasan Rumah di Kabupaten Bogor Rusak Tertimpa Longsor

Tiga pelajar lainnya berhasil dievakuasi secara bertahap sejak petang hingga malam hari pada Rabu (12/10), yakni Tara Taskin (13) ditemukan pukul 18.30 WIB, Amira Hana (14) pukul 21.22 WIB, dan Raka Alfa (13) pukul 21.43 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: