Gelombang Laut Tinggi Capai 6 Meter di Selat Sunda, BPBD Sebar Imbauan

Gelombang Laut Tinggi Capai 6 Meter di Selat Sunda, BPBD Sebar Imbauan

Ilustrasi. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta meminta warga waspada potensi gelombang tinggi, Selasa ini. --

LEBAK, DISWAY.ID-- Gelombang laut tinggi di perairan Indonesia tengah meninggi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini adanya gelombang tinggi, termasuk di wilayah Selat Sunda hingga wilayah Banten Selatan.

Peringatan dini tersebut meliputi informasi adanya tinggi gelombang di pinggir pantai hingga tengat laut mencapai 4-6 meter. Sedangkan di tengah laut gombang laut tinggi bisa mencapai 9 meter.

BACA JUGA:Datangi Komnas HAM, Teryata Keluarga Korban Kanjuruhan Tagih Janji Jokowi

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Febby Rizki Pratama membenarkan adanya peringatan dini gelombang tinggi di pesisir pantai di Lebak selatan.

Dikatakannya, ketinggian gelombang laut mencapai 4-6 meter di pesisir pantai Lebak Selatan, Selat Sunda.

Dari penjelasan BMKG, gelombang tinggi di laut selatan dipicu banyaknya pertumbuhan awan konvektiv besar di tengah laut.

Kondisi demikian mempengaruhi angin dan gelombang di awal bulan musim penghujan.

“Peringatan dini gelombang tinggi akan terjadi dari 17-18 November 2022. Ketinggian gelombang mencapai 6 meter di pinggir pantai, sedangkan di tengah laut bisa mencapai sembilan meter,” kata Febby Rizki Pratama, Kamis 17 November 2022, dikutip dari Radar Banten (Disway National Network).

BACA JUGA:5 Dokumen Kerjasama Tiongkok - Indonesia Diteken Saat Pertemuan Xi Jinping dan Jokowi di Bali

Oleh karenanya, BPBD mengimbau kepada para nelayan di Lebak selatan untuk tidak melaut. Apalagi, BMKG juga memprediksi hujan akan mengguyur wilayah Lebak hingga Jumat.

“Jangan memaksakan diri untuk melaut, karena dapat membahayakan keselamatan para nelayan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: