Kabar Gembira! Liga 1 Kembali Bergulir 5 Desember 2022, Penonton Boleh Hadir?

Kabar Gembira! Liga 1 Kembali Bergulir 5 Desember 2022, Penonton Boleh Hadir?

Sesi latihan para pemain Persija (Foto: Liga 1 BRI)-ilustrasi-liga 1

JAKARTA, DISWAY.ID - Mabes Polri dikabarkan telah memberi lampu hijau untuk kembali menggelar Liga 1 musim 2022/2023. Kick-off direkomendasikan pada 5 Desember 2022.

Rekomendasi tersebut berdasarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Operator Liga 1 PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan sudah mendapat surat rekomendasi dari pihak kepolisian. Rencananya, kelanjutan Liga 1 2022/2023 digelar dengan sistem bubble.

BACA JUGA:Aturan Pengamanan Pertandingan Olahraga Telah Berlaku, Liga 1 2023/2023 Kembali Digelar?

Terdapat beberapa stadion yang ditentukan, yakni di Stadion Sultan Agung Bantul, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion M. Soebroto Magelang, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Jatidiri Semarang.

"Ini kabar yang menggembirakan bagi kami dan semua klub Liga 1. Terima kasih kepada Mabes Polri, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR, dan Kementerian Kesehatan atas perhatian dan kerjasamanya selama ini," kata Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus dalam keterangan resminya.

Ferry mengatakan, berdasarkan rekomendasi Polri, kick-off Liga 1 dijadwalkan bergulir pada Senin 5 Desember 2022 mendatang.

"Putaran pertama akan berakhir pada akhir Desember. Pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton di stadion," ujarnya.

Ferry mengungkapkan, bahwa proses untuk mendapatkan izin lanjutan kompetisi Liga 1 2022/2023 cukup panjang karena PT LIB harus berkomunikasi dengan banyak pihak. 

BACA JUGA:Liga 1 Menunggu Izin Polri, Dirut PT LIB: 'Agar Timnas Indonesia Berjaya'

PT LIB memulai audiensi dengan Menpora, kemudian rapat koordinasi (rakor) dengan Kemenpora, Kemenkes, Kementerian PUPR, dan Mabes Polri.

"Prosesnya panjang dan memang banyak hal yang harus kami komunikasikan dengan berbagai pihak. Contohnya komunikasi dengan Mabes Polri," terangnya. 

Terkait hal ini, lanjut Ferry, Mabes Polri sampai memastikan bahwa semuanya harus menyesuaikan dengan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga," sambungnya.

"Pada Kamis 1 Desember 2022 lalu, Mabes Polri mengirimkan tim khusus untuk meninjau sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion di Jawa Tengah dan DIY," pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: