Liga 1 Menunggu Izin Polri, Dirut PT LIB: 'Agar Timnas Indonesia Berjaya'

Liga 1 Menunggu Izin Polri, Dirut PT LIB: 'Agar Timnas Indonesia Berjaya'

Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus --Kemenpora.go.id

JAKARTA, DISWAY.ID - PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah melakukan berbagai tahapan sebagai persyaratan untuk mendapatkan izin bergulirnya kembali Liga 1 sepak bola Indonesia dari Polri.

Hal ini disampaikan Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) terkait penyelenggaraan Liga 1 Sepakbola yang dipimpin Menpora Zainudin Amali di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa 29 Nopember 2022.

Untuk diketahui, liga sepakbola Indonesia dihentikan sementara usai terjadinya tragedi di stadion Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober 2022 lalu.

“Kami sudah melakukan beberapa tahapan yang menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan izin dari Kepolisian. Salah satunya adalah kami sudah melakukan beberapa implementasi roll play, kemudian juga implementasi tentang Peraturan Kepolisian, kemudian implementasi Peraturan Kementerian Kesehatan begitupun juga dengan PUPR,” kata Ferry Paulus.

BACA JUGA:Warga Suriah Gunakan Paspor Palsu Untuk Temui Anaknya di Jerman Ditangkap di Bandara Soetta

Menurut Ferry Paulus, 18 klub peserta Liga 1 sepakat bergulirnya kembali kompetisi karena dengan adanya kompetisi ini akan ditemukan pemain-pemain yang akan mengisi tim nasional (Timnas).

“Teman-teman klub sudah memahami dan juga sudah bersepakat bahwa kita sama-sama akan terus membawa klub kita ini untuk mendukung dan support sepakbola Indonesia, agar timnas bisa berjaya apalagi timnas kita sedang baik dalam prestasi. Sehingga teman-teman klub terus akan mensupport agar benar-benar bisa terlaksana kompetisi kick off Liga 1 dan Liga 2,” ujarnya.

Untuk tahapan selanjutnya, Ferry Paulus mengatakan pihaknya di PT LIB, PSSI dan Panitia Pelaksana akan mengikuti rapat finalisasi bersama Polri.

“Satu tahapan lagi dari hasil rapat hari ini bahwa besok siang kami diundang bersama dengan beberapa Panpel untuk melakukan finalisasi itu, agar segala sesuatunya itu clear dan tidak lagi mengalami hambatan di dalam proses-proses selanjutnya,” pungkasnya.

BACA JUGA:Dipicu Uang Kembalian Kurang, Pria Inisial DP Nekat Pukul Petugas Wanita SPBU di Tanah Tinggi

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyatakan kompetisi sepak bola di Tanah Air sangat diperlukan untuk pembentukan tim nasional yang tangguh. 

Sebab Timnas Indonesia akan mengikuti Piala AFF 2022 dan Piala Dunia U-20 2023. 

Pembentukan Timnas Indonesia yang tangguh juga didukung dari seluruh perwakilan klub Liga 1.

"Komitmen dari klub terhadap terbentuknya tim nasional sangat jelas. Harus ada atmosfer kompetisi yang bisa mengasah kemampuan tim nasional ini," kata Menpora Amali. 

Sumber: