Ini Dugaan Pemicu Kebakaran Lantai 5 Gedung Kemenkumham, Bagaimana Nasib Para Pekerja?

Ini Dugaan Pemicu Kebakaran Lantai 5 Gedung Kemenkumham, Bagaimana Nasib Para Pekerja?

Kebakaran Lantai 5 Gedung Kemenkumham-Andrew Tito-disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Ruang gudang yang ada di lantai lima kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jalan H.R. Rasuna Said No.Kav. 6-7 RT.16/4, Setiabudi, Jakarta Selatan terbakar, Kamis 8 Desember 2022 siang.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Sugeng Wiyono mengatakan hasil pemeriksaan pihaknya diduga kejadian kebakaran tersebut tersulut oleh percikan api yang berasal dari Konsleting listrik yang kemudian menyambar sesuatu yang mudah terbakar.

"Penyebab sementara diduga korsleting listrik dan tidak ada kendala saat evakuasi karena menggunakan sumber air dari gedung," ujar Sugeng Wiyono kepada awak media, Kamis 8 Agustus 2022.

BACA JUGA: Kemenhub Siapkan 402 unit Pesawat di 51 Bandara Untuk Transportasi Udara di Libur Nataru

Sugeng mengatakan pihaknya telah melakukan pemadaman kejadian kebakaran tersebut sekitar pukul 13.05 WIB dan hingga kini masih dalam proses pendinginan.

Sugeng menjelaskan pihanya mengerahkan 26 unit disertai 130 personel damkar gabungan Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Sugeng mengatakan beruntung tidak ada korban jiwa dan yang terluka dalam kasus kebakaran tersebut.

BACA JUGA:Kunjungi SDN di Cugenang, Jokowi Instruksikan Menteri PUPR Bangun Kembali Fasilitas Pendidikan Terdampak Gempa Cianjur

Sementara hingga kini petugas damkar gabungan sedang dilakukan penyisiran agar tidak ada penjalaran kembali dan melakukan evakuasi para pekerja.

"Para pekerja sudah dievakuasi sebelum api semakin membesar dan saat ini kondisi sudah steril.” ujarnya.

Sugeng menjelaskan kejadian kebakaran lantai 5 Gedung Kemenkumham itu berawal dari saksi berinisial DA yang melihat kobaran api sudah mulai membesar di Gedung Sentra Mulia lantai lima yang merupakan tempat penyimpanan perlengkapan.

BACA JUGA:Tuntutan PRIMA Pada KPU RI, Transparansi Menjadi Sorotan

Sementara itu Koordinator Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkumham Tubagus Erif Faturrahman mengatakan tidak ada barang atau arsip penting yang terbakar saat terjadi kebakaran gudang penyimpanan barang milik negara (BMN) di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Kamis pagi sekitar pukul 10.40 WIB.

"Alhamdulillah bukan barang-barang atau arsip penting," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: