Harga Pertamax Naik! Cek Rincian Harga BBM Pertamina Hari Ini per 15 Desember 2022

Harga Pertamax Naik! Cek Rincian Harga BBM Pertamina Hari Ini per 15 Desember 2022

Penyesuaian harga terhadap salah satu bahan bakar minyaknya yaitu Pertamax, Pertamax Turbo serta Solar Dex dan Dexlite-reza-

BBM RON Rendah Resmi Dihapus

Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru soal BBM Rezearch Octane Number (RON) rendah resmi dihapus. 

Pengelola SPBU dilarang jual BBM RON 89 dan menggantinya dengan BBM RON 90.

Artinya, BBM Oktan rendah itu tak lagi masuk daftar harga BBM Pertamina.

BACA JUGA:Era Kendaraan Listrik Dimulai, Nasib Pabrikan Oli Mesin Terancam, Pertamina Angkat Bicara

Pengelola SPBU dilarang menjual BBM dengan Oktan 87, 88, dan 89 seperti tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022.

Larangan memperjualbelikan BBM oktan rendah di bawah RON 90 itu terkait Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Bbm dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

"Mulai Tahun 2023, hanya BBM RON 90 ke atas yang boleh dijual. BBM RON 87, 88, dan 89 sudah tak boleh beredar," kata kata Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Saleh Abdurrahman, pada Selasa, 25 Oktober 2022.

Saleh memaparkan, aturan baru menimbang bahwa standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis bensin (Gasoline) RON 88 yang dipasarkan di dalam negeri telah dinyatakan tidak berlaku terhitung mulai tanggal 1 Januari 2023.

BACA JUGA:Pertamina Fastron Season Of Drive, Cara Car Enthusiast Bangkitkan Persaudaraan

Pada pasal 1 aturan baru itu memutuskan Ketentuan Diktum KESATU diubah sehingga berbunyi:

KESATU : a) Menetapkan formula harga dasar sebagai pedoman perhitungan harga jual eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum dan/atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan di titik serah untuk setiap liter sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini.

b) Formula harga dasar untuk Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin {Gasoline) RON 89 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2022.

Lalu, Ketentuan Diktum KETIGA berubah menjadi :

KETIGA : a) Badan Usaha Pemegang Izin Usaha Niaga Minyak dan Gas Bumi wajib melaporkan penetapan harga jual eceran sebagaimana dimaksud dalam Diktum KEDUA kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi setiap bulan dan/atau dalam hal terdapat perubahan dalam penetapan harga jual eceran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: harga bbm pertamina