Catat! Target Pembiayaan Rumah Subsidi pada 2023 Sasar Tiga Kelompok, Apa Saja?

Catat! Target Pembiayaan Rumah Subsidi pada 2023 Sasar Tiga Kelompok, Apa Saja?

Ilustrasi Rumah Subsidi--

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna mengatakan kebijakan pembiayaan perumahan tahun depan akan menyasar tiga kelompok. 

Tiga di antaranya yakni masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) informal, masyarakat perkotaan, serta generasi millenial.

Menurutnya, pembiayaan perumahan akan didorong ke arah yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat baik formal maupun informal, serta berlandaskan prinsip keterjangkauan, keberlanjutan, aksesibilitas, ketersediaan, dan ramah lingkungan.

BACA JUGA:Keran Impor Dibuka Lagi! 300 Ribu Ton Beras Thailand dan Vietnam Bakal Banjiri Pasar Indonesia

"Dalam rangka menyelesaikan backlog perumahan, pada tahun depan diperlukan pengembangan pembiayaan perumahan dengan menyasar kelompok pertama yakni MBR informal melalui skema rent to own yang dikombinasikan dengan contractual savings housing, sehingga bisa mengakses pembiayaan Tapera," kata Herry di Jakarta, Sabtu 24 Desember 2022.

Herry menanmbahan, kelompok kedua yang menjadi sasaran adalah masyarakat perkotaan yang perlu diubah tidak lagi menyasar rumah tapak, namun mulai menyasar hunian vertikal.

"Masyarakat perkotaan yang diarahkan untuk hunian vertikal dengan pembiayaannya nanti melalui skema staircasing shared ownership (SSO) sebagai pembiayaan bertahap yang meningkatkan keterjangkauan," ujarnya.

BACA JUGA:8 Hidangan yang Enak Disantap saat Musim Hujan, Nomor 4 Paling Favorit!

Sementara kelompok ketiga, adalah segmen masyarakat yang disebut sebagai generasi millenial atau masyarakat berpenghasilan tanggung.

"Di mana mereka tidak bisa mendapatkan subsidi tapi juga tidak mampu mencicil untuk mendapatkan hunian pribadi," terangnya.

"Hal ini mungkin bisa dibantu oleh sektor perbankan untuk secara kreatif bisa menyediakan produk pembiayaan KPR rumah bagi millenial dengan jangka waktu lebih panjang dan disesuaikan dengan housing career dari millenial tersebut," sambungnya.

Di sisi lain, Herry memastikan, jika kualitas bangunan rumah subsidi tetap menjadi prioritas bersama.

"Rumah subsidi diharapkan dapat menjadi tempat aman dan nyaman bagi MBR di tengah belum optimalnya sumber pembiayaan perumahan," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: