Jelang Mudik Lebaran 2023, ASDP 'Persolek' Pelabuhan Merak, Lahan Parkir Bakal Ditambah

Jelang Mudik Lebaran 2023, ASDP 'Persolek' Pelabuhan Merak, Lahan Parkir Bakal Ditambah

Sejumlah kendaraan logistik dan kendaraan memadati Pelabuhan Merak, Kota Cilegon saat libur Idul Fitri 2022 lalu.-Dok.Istimewa/Radar Banten-

Terakhir, untuk skenario ketiga (ultimate) adalah Stasiun KA Merak sudah dipindah ke lokasi baru dan jalan arteri Cikuasa Atas dan Bawah diperluas 2 (dua) arah. 

Dengan skenario ini, maka peningkatan fasilitas di luar pelabuhan ASDP adalah pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, penambahan jalan arteri Cikuasa Atas dan Bawah selebar 3,5 meter 2 arah, dan adanya penambahan fasilitas timbangan kendaraan.

Sementara, di dalam pelabuhan adalah penambahan kapasitas Dermaga 1 sebagai layanan eksekutif kedua, penambahan parkir di 8 (delapan) titik lokasi, dan pengoperasian tug boat.

"Dengan skenario terakhir ini, maka kapasitas Pelabuhan Merak akan bertambah kurang lebih 1.840 unit kendaraan kecil dan aksesibilitas jalan arteri bertambah 2 (dua) lajur dan bahu jalan yang setara kurang lebih 1.520 unit kendaraan kecil," jelasnya.

BACA JUGA:Kasus Penipuan Undangan Pernikahan, Polisi: Modus Penipuan Baru

Shelvy merinci, penambahan lahan parkir yang bisa dilakukan antara lain melalui relokasi Stasiun KA Merak yang mampu menampung tambahan kurang lebih 1.000 unit kendaraan kecil.

"Pembongkaran dan pemindahan Kantor Cabang ASDP Merak dengan tambahan kurang lebih 150 unit kendaraan kecil, dan alih fungsi lahan drop zone penumpang reguler dengan potensi tambahan parkir kurang lebih sejumlah 360 unit kendaraan kecil," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: